Salin Artikel

Baru Rampung, Jalan Senilai Rp 15 Miliar Sudah 2 Kali Ambles dan Nyaris Putus

Berdasarkan pantauan Kompas.com pada Sabtu (11/2/2023), jalan provinsi tersebut nyaris putus, hanya menyisakan lebar setengah meter untuk akses pengendara.

Warga sekitar terpaksa berswadaya mengurug dengan material bebatuan untuk memudahkan pengguna jalan melintas.

Tokoh masyarakat Desa Bago Witono (53) menyampaikan proyek betonisasi Jalan Raya Kuwu (Grobogan) menuju Galeh (Sragen) sepanjang 2,8 kilometer selesai dibangun pada 22 Oktober 2022.

Namun sebulan setelahnya pada 24 November, cor beton pada titik kilometer 13 tepatnya di Dusun Salak ambles.

Pembangunan infrastruktur jalan di wilayah Kabupaten Grobogan itu tercatat menghubungkan menuju dua wilayah tetangga yakni Kabupaten Sragen dan Kabupaten Ngawi.

PT Geonika Bahana Makmur Utama selaku penggarap proyek kemudian berupaya memperbaiki kerusakan jalan dengan teknik pengaspalan dan tuntas pada 10 Desember 2022.

Namun dua pekan setelahnya pada 26 Desember, jalan yang diaspal justru kembali ambles.

"Pengaspalan pun hanya bertahan 15 hari dan ambles sedalam 5 meter. Ambles sepanjang 10 meter," terang Witono.

Karena tak kunjung ada perbaikan, warga sekitar yang kesal kemudian patungan mengurug jalan itu alternatif untuk keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan.

"Jalan ini adalah akses perekonomian masyarakat menuju Sragen dan Ngawi. Kami terpaksa urunan beli batu 20 ritase. Satu ritase Rp 450 ribu. Kami sudah melapor ke BPBD, PUPR dan Binamarga Jateng namun tak kunjung diperbaiki," kata Witono.

Kini masyarakat berharap pemerintah segera merealisasikan perbaikan jalan Provinsi tersebut menyusul jalur tersebut adalah satu-satunya fasilitas moda transportasi darat menuju kabupaten lain atau sebaliknya.

"Informasi peneliti dari Undip yang datang kesini, di bawah jalan ini adalah tanah berair atau lumpur. Diduga penyebabnya itu. Kami berharap segera ditindaklanjuti," pungkas Witono.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/11/134849078/baru-rampung-jalan-senilai-rp-15-miliar-sudah-2-kali-ambles-dan-nyaris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke