Salin Artikel

Ganjar Inisiasi Penggunaan Rp 86 Miliar Dana CSR untuk Pembangunan Jateng

Pasalnya, sepanjang 2022 berbagai perusahaan swasta menghimpun dana CSR sebesar Rp 86 miliar. Terlebih dalam hal pembangunan, pemerintah tidak bisa hanya mengandalkan APBD saja.

“Bantuannya cukup beragam. Ada yang masuk dunia pendidikan, ada yang masuk kesehatan, fisik infrastruktur, bahkan di daerah-daerah tertentu mereka mau ikut membantu menurunkan angka kemiskinan,” kata Ganjar.

Ganjar mengakui keberadaan CSR sangat membantu program-program pemerintah Jateng di berbagai sektor.  Hal itu disampaikan dalam Penganugerahan CSR Award Tahun 2022 di Gradhika Bakti Praja, Selasa (13/12/2022).

Dana CSR ini diatur dalam Perda Provinsi Jawa Tengah No 2 tahun 2017, tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan.

“Menurut saya potensinya pasti masih tinggi lagi. Nah saya meminta agar ada konsolidasi dari seluruh perusahaan yang ada, berapa sebenarnya CSR dari setiap perusahaan yang ada,” katanya.

Ia yakin bila para perusahaan swasta, BUMN maupun BUMD yang menerima penghargaan terbaik saling berbagi, maka akan ada lebih banyak lagi perusahaan yang bisa berpartisipasi membangun Jateng.

“Saya berharap mereka bisa masuk ke penurunan kemiskinan, stunting, pendidikan, kesehatan, isu-isu difabel, perempuan, anak termasuk isu lingkungan,” imbuhnya

Cara ini akan sangat membantu pemda dengan anggaran terbatas. Selain CSR, kata Ganjar, juga bisa menggandeng filantropi atau memaksimalkan Baznas.

“Beberapa kemarin yang bantu kami di sekolahan itu luar biasa, dan mereka tidak hanya dari Jawa Tengah, dari luar Jawa Tengah juga ikut membantu dan ini sangat bisa memberikan fasilitas lebih baik buat masyarakat,” tandasnya.

Perusahaan swasta yang menerima penghargaan di antaranya PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, PT Bhimasena Power Indonesia, dan PT Sri Rejeki Isman.

Berikutnya dari BUMN penerimanya PT Semen Gresik Pabrik Rembang, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah dan PT Telkom Regional IV Jateng-DIY.

Sementara dari BUMD antara lain PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah, PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah dan PT BPR BKK Purwokerto (perseroda).

https://regional.kompas.com/read/2022/12/13/145635478/ganjar-inisiasi-penggunaan-rp-86-miliar-dana-csr-untuk-pembangunan-jateng

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke