Salin Artikel

Untuk Ketiga Kalinya. Jalan Nasional di Tanah Bumbu Longsor, Arus Lalu Lintas Ditutup Total

Akibatnya, arus lalu lintas dari Banjarmasin menuju Tanah Bumbu dan sebaliknya ditutup total untuk menghindari terjadinya longsor susulan.

"Longsor yang ketiga kali ini terjadi pagi tadi. Arus lalu lintas kita tutup total karena tidak ada lagi badan jalan yang tersisa," ujar Kapolsek Satui, Iptu Hardaya saat dikonfirmasi, Minggu.

Hardaya mengatakan, arus lalu lintas untuk sementara kembali harus dialihkan ke jalan desa dan jalan tambang.

"Kita alihkan walaupun pengendara harus memutar sepanjang sekitar tiga kilometer," jelasnya.

Saat ini, pihaknya juga masih menunggu selesainya jalur alternatif yang dibangun oleh Pemkab Tanah Bumbu. Hardaya memperkirakan  jalur tersebut akan selesai sekitar dua hari ke depan.

"Progres pengerjaan jalur alternatif yang dibangun oleh Pemkab sudah 80 persen sehingga diperkirakan selesai dua hari lagi," pungkasnya.

Tidak hanya sekali, longsor terjadi sudah tiga kali. Yang pertama pada, Rabu (28/9/2022) dan yang kedua pada, Jumat (7/10/2022).

Dan yang terbaru pada, Minggu (16/10/2022). Longsor terjadi diduga akibat aktifitas tambang batubara yang tak jauh dari jalan nasional.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/16/170438978/untuk-ketiga-kalinya-jalan-nasional-di-tanah-bumbu-longsor-arus-lalu-lintas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke