Salin Artikel

Belasan Bunga Raflesia Bermekaran di Hutan Nagari Solok

Koordinator Wisata Alam (Belukar) Pokdarwis Tangaya Muhammad Rizki mengatakan, epanjang tahun 2022 hingga awal Oktober ini telah menemukan sebanyak 18 bunga langka raflesia di Nagari Saniangbaka.

"Bahkan yang akan mekar dalam bulan ini kami temukan masih ada satu lagi. Kemudian dalam dua pekan ke depan diperkirakan juga akan ada yang akan mekar," kata Rizki, seperti dilansir Antara, Jumat (7/10/2022).

Selain itu, masih banyak bonggol bunga akan mekar untuk bulan-bulan berikutnya dari 18 bunga raflesia yang telah ditemukan.

Bunga langka itu baru ditemukan sejak Oktober 2021.

Kemudian mulai dilakukan penelitian tentang penyebaran inang raflesia (akar Liana/tetrastigma) di kawasan Nagari Saniangbaka.

"Setelah membukukan penyebarannya baru kami melanjutkan di kawasan akar mana saja yang terinfeksi dengan penyebaran raflesia yang bersifat endoparasit ini," ujar dia.

Sejauh ini, telah dilakukan konservasi dan observasi terhadap bunga langka tersebut.

Menurut Rizki, untuk lokasi bunga tersebut cukup jauh dari pemukiman sebagian di hutan adat dan sebagian lagi di hutan SM Barisan.


Ia berharap ke depannya setelah adanya penemuan bunga raflesia tersebut, Tim Pokdarwis Tangaya sendiri akan menjadikan aset ekowisata daerah dengan membuat paket jelajah (tracking), nikmati alam tanpa merusaknya.

"Selain itu, apapun bentuk dukungan dari pihak manapun termasuk Pokdarwis sendiri asalkan menyokong kegiatan kita dalam konservasi kita selalu terbuka untuk menerima," kata dia.

Di samping itu, bagi pengunjung yang ingin melihat langsung dapat menghubungi Pokdarwis Belukar.

Dengan ketentuan bisa menjaga lingkungan dan harus di kawal oleh Pokdarwis Belukar sebagai penjagaan.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/07/135042878/belasan-bunga-raflesia-bermekaran-di-hutan-nagari-solok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke