Salin Artikel

Sepekan Jelang 20 Tahun Kepri, Pegawai Diminta Bekerja dengan Baju Kurung Melayu

Untuk memperingati hari jadinya, pegawai Pemerintah Provinsi Kepri diinstruksikan memakai baju kurung melayu saat bekerja.

Hal ini tidak terlepas dari Kepri yang identik dengan budaya melayu.

Kepala Dinas Kominfo Kepri Hasan, mengatakan instruksi kepada pegawai itu disampaikan oleh Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.

"Peringatan hari jadi tahun ini istimewa, Provinsi Kepri memasuki usia dua dekade," ujar Hasan di Tanjungpinang, Senin (19/9/2022).

Para pegawai di seluruh kabupaten dan kota diinstruksikan memakai baju kurung melayu selama satu pekan, yaitu sejak 19 September hingga 24 September 2022.

"Ini juga bentuk penghargaan kita terhadap perjuangan pembentukan Provinsi Kepri. Sebuah usaha yang tidak mudah, maka identitas budaya melayu patut kita kedepankan dengan baju kurung melayu lengkap, jangan lupa memakai tanjak bagi laki-laki," papar Hasan.

Rangkaian kegiatan pada hari puncak peringatan Hari Jadi Kepri akan digelar pada 24 September 2022.

Diawali dengan upacara peringatan hari jadi dan dilanjutkan dengan ziarah, tabur bunga dan doa bersama di makam para tokoh pejuang Provinsi Kepri.

"Selain ke TMP Pusara Bakti, akan ada ziarah juga di TPU KM 7, Gudang Minyak dan Taman Bahagia. Kemudian dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-20 Provinsi Kepulauan Riau di DPRD," jelas Hasan.


Gubernur Kepri juga menginstruksikan bupati dan wali kota se-Kepri untuk melaksanakan upacara peringatan hari jadi dengan mengundang Forkopimda, tokoh masyarakat, hingga tokoh pejuang dari daerah masing-masing.

Selain itu setiap instansi pemerintah dan swasta diminta memasang baleho ucapan Selamat Hari Jadi ke-20 Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2022.

"Peringatan Hari Jadi ke-20 Provinsi Kepri mengambil tema "Ekonomi Pulih, Kepri Sejahtera". Sebelumnya Diskominfo Kepri juga telah melaksanakan sayembara logo peringatan hari jadi ini dan sudah ditetapkan pemenangnya. Panduan visual serta logo resmi dapat diunduh di portal kepriprov.go.id," sebut Hasan.

Instruksi Gubernur Ansar tentang penggunaan baju kurung Melayu lengkap dan pelaksanaan rangkaian acara peringatan hari jadi juga telah dilayangkan melalui surat resmi yang ditujukan kepada seluruh pejabat di Kepri.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/19/211919078/sepekan-jelang-20-tahun-kepri-pegawai-diminta-bekerja-dengan-baju-kurung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke