Salin Artikel

Bakal Ada Pasar Apung di Semarang, Wisatawan Bisa Belanja di Atas Perahu Mulai Besok

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Semarang, Jawa Tengah akan menghidupkan Pasar Apung Banjir Kanal Barat (BKB) mulai Minggu (14/8/2022).

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, pasar tersebut akan beroperasi mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Panitia akan menyediakan kapal untuk pengunjung.

Pria yang akrab disapa Hendi itu meyakini pasar apung pertama di Kota Semarang tersebut akan memberikan pengalaman baru bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang.

"Selain belanja, pengunjung juga bisa menyusuri Sungai Banjir Kanal Barat," ujarnya.

Pihak panitia akan menyediakan kapal untuk pengunjung di sisi Banjir Kanal Barat ruas Jalan Kokrosono.

"Jadi naiknya dari plaza yang ada di sisi Jalan Kokrosono itu," jelas Hendi.

Di sisi lain, Hendi menyebut pelaksanaan kegiatan Pasar Apung Banjir Kanal Barat tersebut telah melalui kajian mitigasi keselamatan agar tidak terjadi hal - hal yang membahayakan.

"Untuk itu kita berharap pengunjung yang datang bisa menaati sejumlah protokol keselamatan yang telah ditetapkan," ujarnya.

Dia berpesan agar semua pengunjung yang datang ke pasar apung memakai rompi pelampung demi keselamatan dan keamanan wisatawan.

"Petugas juga harus terus mengawasi," kata Hendi.

Dia berharap, Pasar Apung Banjir Kanal Barat bisa menarik banyak pengunjung, sehingga penyelenggaraannya dapat terus berlanjut.

"Untuk pertama memang kita rencanakan penyelenggaraan awalnya sebanyak 3 kali, yaitu pada tanggal 14, 21, dan 28 Agustus. Tapi kalau pengunjungnya banyak, dan minat masyarakat tinggi tentu akan kita upayakan terus berlanjut," ucapnya.

Seperti diketahui, sekitar 25 perahu bakal dipersiapkan di Pasar Apung untuk menjual berbagai kuliner hingga souvenir khas Kota Semarang.

Selain itu, akan ada pertunjukan seni budaya yang digelar pada salah satu kapal untuk meramaikan.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/13/214458178/bakal-ada-pasar-apung-di-semarang-wisatawan-bisa-belanja-di-atas-perahu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke