Salin Artikel

BMKG Beri Peringatan Dini Kekeringan di NTB, Wilayah Mana Saja?

BMKG Stasiun Klimatologi NTB mencatat curah hujan pada dasarian III Juli 2022 seluruhnya masuk dalam kategori rendah (<10 mm/das.)

Forecaster on duty BMKG Klimatologi NTB Nindya Kirana dalam keterangan tertulis, Selasa (2/8/2022) menyatakan, curah hujan tertinggi tercatat terjadi di Pos Hujan Selong Belanak, Kabupaten Lombok Tengah sebesar 10 mm/dasarian.

Sifat hujan pada dasarian III Juli 2022 di wilayah NTB didominasi kategori Bawah Normal (BN), namun sifat hujan Atas Normal juga terjadi di sebagian Kabupaten Lombok Barat bagian selatan, Lombok Tengah bagian selatan, serta sebagian kecil pesisir Lombok Timur bagian selatan.

"Adapun hasil monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) berturut-turut provinsi NTB umumnya dalam kategori sangat menengah (11 – 20 hari) hingga panjang (21 – 30 hari)," katanya.

Namun demikian di beberapa wilayah sudah terpantau HTH dengan kategori Sangat Panjang (31 – 60 hari). HTH terpanjang terpantau terjadi di wilayah Perigi, Kabupaten Lombok Timur sepanjang 58 hari.

Sementara untuk peluang curah hujan pada dasarian I Agustus 2022 sudah semakin berkurang.

Bencana kekeringan meteorologis yang kerap melanda NTB di musim kemarau terpantau mulai terjadi di sebagian wilayah NTB.  

Peringatan dini kekeringan meteorologis pada level siaga terdapat di Kecamatan Wawo, Bolo, Soromandi Kabupaten Bima, kemudian Kecamatan Pringgabanya, Sambelia, Sakra Barat dan Swela Kabupaten Lombok Timur.       

Selanjutnya Kecamatan Buer, Labuhan Pandan dan Lape Kabupaten Sumbawa. Kecamatan Maluk Kabupaten Sumbawa Barat, serta Kecamatan Huu dan Kilo (Kabupaten Dompu).


Sementara itu pada level Waspada terdapat di Kabupaten Dompu yakni Kecamatan Dompu, Kempo, Manggalewa, Pajo dan Woja.

Kabupaten Bima, yakni Kecamatan Bolo, Lambitu, Lambu, Madapangga dan Palibelo  Kecamatan Raba dan Rasanae Timur Kota Bima.

Kabupaten Lombok Barat Kecamatan Gerung dan Lembar.

Kabupaten Lombok Tengah, yakni Kecamatan Janapria, Jonggat, Praya Barat Daya, Praya Tengah dan Pujut.

Kabupaten Lombok Timur berada di  Kecamatan Jerowaru, Labuhan Haji, Masbagik, Montong Gading, Sikur dan Sukamulia.

Kabupaten Sumbawa yakni Kecamatan Batulanteh, Empang, Labangka, Lenangguar dan Moyo Utara.

"Memasuki periode puncak musim kemarau 2022, masyarakat perlu mewaspadai akan terjadinya bencana kekeringan, kebakaran hutan dan lahan, hingga suhu dingin yang dapat menggagu aktivitas sehari-hari," kata Nindya Kirana dalam keterangan tertulis, Selasa (2/8/2022).

Nindy mengimbau  warga warga bisa membuat penampungan air untuk mengatasi krisis air.

"Mengimbau untuk dapat mengantisipasi terjadinya potensi kekeringan dengan membuat tampungan air terutama pada wilayah yang rentan," kata Nindy.

Warga juga diimbau untuk mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem bersifat lokal seperti terjadinya angin kencang dan hujan secara tiba-tiba.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/02/105159678/bmkg-beri-peringatan-dini-kekeringan-di-ntb-wilayah-mana-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke