Salin Artikel

RSUD Tigaraksa Dibangun Oktober 2022, Akan Layani 1,5 Juta Penduduk Tangerang

TANGERANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten akan membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Tigaraksa.

Pembangunan RSUD tersebut akan dilakukan bertahap. Rencananya, pembangunan dimulai Oktober 2022. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang, Mochamad Maesyal Rasyid mengatakan, RSUD Tigaraksa nantinya akan menjadi rumah sakit tipe A dengan biaya pembangunan Rp 250 miliar.

Namun pada tahap pertama, akan lebih dulu dibangun RSUD tipe C dengan nilai pembangunan pembangunan Rp46 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tangerang.

Rumah sakit ini nantinya akan mencakup pelayanan kesehatan khususnya di delapan kecamatan, yaitu Kecamatan Tigaraksa, Solear, Cisoka, Cikupa, Panongan, Curug, Jambe dan Legok.

Saat ini di wilayah tersebut belum ada rumah sakit milik pemerintah daerah.

"Karena masyarakat berkeinginan itu (RSUD Tigaraksa) supaya cepat dibangun, supaya tidak stagnan kami memutuskan akan dibangun secara multi years (proyek tahun jamak)," kata Maesyal melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (31/5/2022).

Dia mengatakan, proyek pembangunan RSUD Tigaraksa merupakan program Bupati Tangerang Ahmed Zaki Islandar untuk mewujudkan Tangerang Sehat.

Selain itu, RSUD Tigaraksa nantinya bisa mengakomodir layanan kesehatan khususnya bagi 1,5 juta penduduk di delapan kecamatan terdekat.

Dengan dibangunnya RSUD Tigaraksa, Pemkab Tangerang akan memiliki empat RSUD.

Tiga rumah sakit sebelumnya yang sudah ada yakni RSUD Kabupaten Tangerang yang saat ini masih berada di kota Tangerang, RSUD Pakuhaji di wilayah utara dan RSUD Balaraja di wilayah barat Kabupaten Tangerang.

"Nah, untuk di wilayah pusat pemerintahan di Tigarkasa ada delapan kecamatan dengan jumlah penduduk sekitar 1,5 juta orang, sehingga harus diakomodir melalui RSUD Tigaraksa," tutup dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/05/31/142304678/rsud-tigaraksa-dibangun-oktober-2022-akan-layani-15-juta-penduduk-tangerang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke