Salin Artikel

Viktor Laiskodat: Kalau Gubernur Pintar tapi Kadesnya Hanya Melotot, Tidak Akan Maju

LARANTUKA, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat meminta semua kepala desa untuk memanfaatkan segala potensi di daerahnya. Karena itu, Viktor menyebut, menjadi seorang kepala desa harus pintar dan mau bekerja keras.

Hal itu disampaikan Viktor saat kunjungan kerja di Kabupaten Flores Timur selama dua hari, Jumat (8/4/2022) hingga Sabtu (9/4/2022).

"Jika gubernur dan bupatinya pintar tapi kadesnya hanya melotot, kita tidak akan maju- maju. Punya potensi yang hebat, tapi kita begini saja. Selama ini kita belum mampu olah tanah kosong menjadi lahan produktif,” kata Viktor.

Viktor menambahkan, seorang kades harus pintar, peduli, berani, inovatif dan bisa menjadi contoh bagi orang lain.

“Itu teori modern. Harus mampu menggerakkan petani untuk bisa jadi wirausaha mandiri. Ini yang disebut kita bangkit dari ketertinggalan dengan membangun potensi kita,” jelasnya.

Selain memantau Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Amagarapati, dalam kunjungannya itu Viktor juga mengunjungi lokasi perkebunan mente milik PT Tigate Tres Indonesia di Desa Waibao, Kecamatan Tanjung Bunga, Flores Timur.

Menurut Viktor, investasi sangat penting karena berguna untuk masyarakat. Karenanya, warga Desa Waibao diminta membuka diri dan tidak menolak kehadiran PT Tigate Tres Indonesia. Menurutnya, perusahaan tersebut sudah berusaha mengubah lahan kosong menjadi lahan produktif.

"Jangan menolak kalau lahan kita masih kosong. Orang tidak tanam dan biarkan lahannya kosong, dia berdosa ke Tuhan dan nenek moyang. Kita harus terus berdiskusi dan membuka diri dan saya menaruh harapan besar ke kades dan masyarakat desa,” ujarnya.

Viktor mengakui bahwa para petani masih kesulitan alat produksi. Pihaknya sudah menyiapkan dan akan disalurkan ke para petani.

“Seluruh anak-anak yang tamat, arahkan ke pertanian, kelautan dan pariwisata. Kita punya masalah alat produksi. Kita akan siapkan,” katanya.

Menurut Viktor, sudah saatnya NTT membangun wirausaha mandiri. Apabila ini terus dilakukan, Viktor yakin warga mampu membiayai pendidikan anaknya dan lepas dari ketertinggalan.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/09/122823178/viktor-laiskodat-kalau-gubernur-pintar-tapi-kadesnya-hanya-melotot-tidak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke