Salin Artikel

2 Kali Diguncang Gempa, Warga di Manggarai Kaget dan Lari Keluar Rumah

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Gempa bermagnitudo 3,7 dan 2,9 mengguncang wilayah Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (23/3/2022) pukul 05.06 Wita.

Getaran gempa dirasakan warga. Bahkan, ada yang sampai lari keluar rumah sambil berteriak gempa

"Getarannya cukup kuat. Kami juga kaget. Ada yang sampai keluar rumah pagi-pagi," ungkap Isno, warga Ruteng saat dihubungi Kompas.com dari Labuan Bajo, Rabu pagi.

Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG) Wilayah III Denpasar, Cahyo Nugroho, menjelaskan, hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi itu berkekuatan magnitudo 3,7.

Episenter gempa terletak pada koordinat 8,67 derajat Lintang Selatan dan 120,47 derajat Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 kilometer arah tenggara Ruteng Manggarai pada kedalaman 10 kilometer.

Gempa bumi kedua terjadi pada pukul 05.16 Wita dengan kekuatan magnitudo 2,9. Episenter gempa itu berlokasi di darat pada koordinat 8,64 derajat Lintang Selatan dan 120,47 derajat Bujur Timur atau pada jarak 3 kilometer arah tenggara Ruteng Manggarai pada kedalaman 10 kilometer.

Cahyo mengungkapkan, berdasarkan episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di darat.

"Berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Ruteng IV MMI. Apabila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi. Gempa bumi kedua M 2,9 dirasakan di wilayah Ruteng II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," ungkap Cahyo dalam rilis tertulis, Rabu.


Belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi itu tidak berpotensi tsunami.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya.

Selain itu, warga diminta supaya menghindari bangunan yang retak atau rusak yang disebabkan oleh gempa. Selain itu, pihaknya meminta warga untuk memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan terhadap gempa.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/23/083102778/2-kali-diguncang-gempa-warga-di-manggarai-kaget-dan-lari-keluar-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke