Salin Artikel

Pakar Kesehatan Ingatkan Bupati Karanganyar soal Kasus Aktif Covid-19 yang Tembus 1.100

KARANGANYAR, KOMPAS.com - Kasus aktif Covid-19 di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, tembus 1.100 kasus, Rabu (16/2/2022).

Pakar kesehatan masyarakat dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, mengingatkan sikap Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Sebab, penyataan Juliyatmono yang menyebutkan varian Omicron virus Covid-19 sudah tidak ada, tidak relevan dibicarakan oleh seorang kepala daerah sebagai public figure.

"Beliau adalah public figure. Dari sisi kesehatan masyarakat, public figure adalah orang yang sangat penting. Dia dianggap patron dan panutan masyarakat. Jadi, informasi yang disampaikan seharusnya akurat," kata Pakar kesehatan masyarakat dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Solo, Ari Natalia Probandari, saat dihubungi, Rabu.

Meskipun akhirnya Juliyatmono telah mengklarifikasi atas pernyataan itu, yang menyatakan sebagai cara gaya bicara memotivasi warga untuk tidak perlu takut varian Omicron.

Natalia tidak membenarkan dan menyayangkan cara yang digunakan oleh Juliyatmono untuk mengajak masyarakat memperketat prokes.

"Memang, kita tidak perlu terlalu menakut-nakuti. Tetapi, informasi yang akurat harus disampaikan kepada masyarakat. Karena, selama ini dari data ada dan surveilans juga dilakukan, Omicron itu memang ada," ujar dia.

Natalia berharap, dengan adanya pernyataan Bupati Karanganyar ini, masyarakat tidak abai dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tidak melonggarkan protokol kesehatan (prokes).


"Bukan tidak mungkin upaya-upaya pengetatan protokol kesehatan dan vaksinasi tidak berjalan," ujar dia.

"Menurut saya, prokes tidak boleh lengah, vaksinasi harus tetap jalan dan pengendalian kegiatan berpotensil kerumunan harus dilaksanakan," ujar dia.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar, pada Rabu (16/2/2022), total kasus Covid-19 aktif 1.100 kasus.

Dengan jumlah 171 kasus baru dan meninggal dunia 3 kasus. Sebanyak 131 orang dirawat di rumah sakit dan 965 orang menjalani isolasi mandiri.

Peningkatan kasus ini sekitar 40 persen dari perhitungan selama sepekan terakhir, pada Kamis (10/2/2022) dengan jumlah kasus Covid-19 aktif 437 kasus.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/16/205744778/pakar-kesehatan-ingatkan-bupati-karanganyar-soal-kasus-aktif-covid-19-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke