Salin Artikel

Nakes Diminta Kirim Balik Uang Insentif ke Kesdam, Ini Penjelasan Kapendam Sriwijaya

PALEMBANG,KOMPAS.com- Kodam II Sriwijaya angkat bicara terkait adanya kabar soal penarikan kembali dana insentif Tenaga Kesehatan (nakes) yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Kapendam II Sriwijaya Kolonel Caj Jono Marjono mengatakan, permintaan dikirimnya insentif nakes di bawah naungan Kesdam II Sriwijaya itu bertujuan untuk mengecek agar terhindar adanya duplikasi penerimaan dana vaksinator.

Dana atau insentif tersebut, menurut Jono tidak ditarik, tetapi dicek kepada tiap-tiap penerima dana untuk diyakinkan agar dapat disalurkan sesuai alamat, seperti yang terdaftar dalam daftar penerima dana yang ada di Kesdam II Sriwijaya.

"Tidak benar kalau ada yang bilang dana tersebut ditarik tanpa alasan yang jelas," kata Kolonel Jono Marjono, dalam keterangan tertulis yang diterima KOMPAS.com, Selasa (4/1/2022).

Jono mengungkapkan, kabar penarikan kembali itu pun sebelumnya sudah dibantah oleh Asrendam II Sriwijaya Kolonel Inf Didik Purwanto pada  pada Minggu (2/1/2022).

Honor para nakes itu dikirim dari Pemprov Sumsel pada tanggal 28 Desember 2021.

Pihak pemda sendiri  meminta Kesdam memastikan uang sudah masuk ke rekening nakes atau belum.

"Hal ini dilakukan untuk menghindari duplikasi penerimaan dana vaksinator, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penyalurannya dengan tujuan tertib administrasi,"ujar Kapendam.

Sementara Asrendam II Sriwijaya Kolonel Inf Didik Purwanto menolak bila disebut bahwa nakes diminta menstranfer kembali ke rekening Kesdam.

"Kami tidak ada narik dana dari nakes", ujarnya dalam keterangan tertulis.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memberikan uang insentif kepada para tenaga kesehatan di bawah naungan Kesehatan Daerah Militer, Komando Daerah Militer II Sriwijaya.

Namun, uang insentif yang sudah diberikan terkait penanganan Covid-19 itu diminta dikirim balik ke rekening Kesdam II Sriwijaya.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/04/130625678/nakes-diminta-kirim-balik-uang-insentif-ke-kesdam-ini-penjelasan-kapendam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke