Salin Artikel

Pantau Penanganan Erupsi Gunung Semeru, Khofifah Bakal Berkantor di Lumajang

"Saya akan berkantor di Lumajang untuk beberapa hari ini. Seluruh pekerjaan saya kerjakan dari Lumajang. Beberapa agenda saya minta pak wagub mewakili," kata Khofifah dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/12/2021) sore.

Menurut Khofifah, penanganan pasca erupsi Semeru menjadi prioritas utama karena mempertimbangkan luasnya dampak erupsi Semeru.

"Saya ingin memastikan konsolidasi data dan koordinasi pencarian, penyelamatan, evakuasi dan penanganan pengungsi berjalan efektif dan semoga tidak ada yang terlewat," terang Khofifah.

Akibat erupsi tersebut, dua kecamatan di Lumajang terdampak yakni Kecamatan Candipuro tepatnya di Dusun Kampung Renteng, Dusun Kamar Kajang, Desa Sumber Mujur, Desa Sumberwuluh, Desa Penanggal, dan Desa Sumber Rejo.

Sedangkan di Kecamatan Pronojiwo desa terdampak adalah Desa Supiturang, Sumber Urip dan Oro- Oro Ombo.

Menurutnya, banyak rumah warga tertimbun material vulkanik.

Jembatan penghubung antarwilayah juga terputus sehingga melumpuhkan roda perekonomian.

Khofifah menyebut, dengan berkantor langsung di Lumajang maka koordinasi antar stakeholder terkait upaya penanganan kegawatdaruratan pasca erupsi Semeru jauh lebih cepat.

"Semua kebutuhan dasar warga kita upayakan agar tersedia. Makanan, minuman, pakaian, obat-obatan sebisa mungkin terpenuhi," ucapnya.

Pemprov Jatim, kata dia, telah mengirimkan ratusan paket bantuan ke Kabupaten Lumajang berupa beras, lauk pauk, tambah gizi, selimut, baju anak-anak, dan sembako.

Selain itu, bantuan lain juga dikirimkan yaitu terpal, kantong mayat, pampers, masker kain, masker medis, sandang, air, biskuit bayi, minyak telon, minyak kayu putih, dan suplemen.

https://regional.kompas.com/read/2021/12/05/185749778/pantau-penanganan-erupsi-gunung-semeru-khofifah-bakal-berkantor-di-lumajang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke