Salin Artikel

Gubernur Babel Minta Operator Seluler Tambah Menara Telekomunikasi

Erzaldi menilai, fasilitas jaringan telekomunikasi bakal mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

"Saya minta kepada perusahaan seluler dan telekomunikasi. Hal ini agar masyarakat di berbagai pelosok segera dapat menikmati layanan jaringan telekomunikasi yang semakin berkualitas," kata Erzaldi saat audiensi virtual dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta pimpinan operator seluler area Babel, Kamis (28/10/2021). 

Menurut Erzaldi, pembangunan ekonomi di Babel yang terus meningkat perlu ditopang dengan penyediaan konektivitas telekomunikasi yang menghubungkan seluruh titik hingga ke pelosok. 

Ia mencontohkan, industri tambak udang yang sedang menggeliat.

Pelaku tambak ingin mengembangkan usahanya dengan berbasis teknologi.

Namun, hal itu tidak didukung jaringan telekomunikasi yang memadai. 

"Hal itu sangat berpengaruh dengan keinginan investor berinvestasi di daerah kita," kata Erzaldi.

Saat ini, Kepulauan Bangka Belitung tercatat dengan pertumbuhan ekonomi nomor dua tertinggi di Sumatera, setelah Kepulauan Riau.

Erzaldi menjelaskan, seiring dengan kebutuhan layanan broadband yang terus meningkat dan perubahan perilaku masyarakat yang semakin digital, para provider harus mengoptimalkan jaringan telekomunikasi, agar daerah tersebut dapat berdaya saing. 

"Pekerjaan rumah sekarang adalah daerah-daerah terpencil, pedalaman, dan pulau-pulau kecil yang belum mendapat akses jaringan telekomunikasi," kata dia.

Selain industri dan pariwisata, sektor kesehatan juga terkendala akses komunikasi yang belum merata di Babel. 

"Kondisi saat ini, rumah sakit juga banyak yang susah sinyal, apa perlu menunggu orang meninggal dulu baru dibangun?" kata Erzaldi.


Menurut Erzaldi, apabila permintaan ini tidak direspons juga oleh pihak operator seluler, pihaknya berencana membangun tower yang nantinya akan menggunakan sistem bagi hasil dengan pihak yang bekerja sama. 

"Nanti segera saya akan koordinasikan dengan Direktur Pengendalian Pos dan Informatika Kominfo terkait hal ini," kata dia.

Sementara itu, pihak Kemenkominfo yang diwakili Arifin Saleh Lubis menyebutkan, pihaknya akan membenahi permasalahan itu.

"Berikan kami waktu seminggu, Pak Gubernur, untuk mendata area blank spot di Babel. Kemudian setelah itu, baru akan kami benahi," kata Arifin.

Kemenkominfo memiliki Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) yang bertugas sebagai penyedia infrastruktur dan ekosistem TIK bagi masyarakat yang didanai dari kontribusi Kewajiban Pelayanan Universal/Universal Service Obligation (KPU/USO) penyelenggara telekomunikasi. 

"Mereka bertugas untuk mendukung akselerasi digital nasional, mengingat banyak daerah atau desa/kelurahan yang belum terjangkau jaringan telekomunikasi," kata Arifin.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/29/145124478/gubernur-babel-minta-operator-seluler-tambah-menara-telekomunikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke