Salin Artikel

Libur Akhir Tahun, Pemprov Banten Tak Ingin Ada Lonjakan Kasus Covid-19 Seperti Singapura

SERANG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten dr Ati Pramudji Hastuti meminta warga untuk mewaspadai adanya lonjakan kasus Covid-19 akibat libur akhir tahun 2021.

Sebab, pada akhir tahun, banyak aktivitas masyarakat yang dilakukan seperti perayaan natal dan tahun baru.

"Harus (ada antisipasi) karena ini bukan berarti ketika kasus Covid-19 terus melandai, euforia akan terjadi," kata Ati kepada wartawan di RSUD Banten, Rabu (27/10/2021).

Ati mengatakan, Pemprov Banten tidak menginginkan kasus Covid-19 kembali melonjak seperti negara Singapura yang sudah mendeklarasikan negara endemik.

Namun, secara tiba-tiba terjadi pelonjakan kasus dan kematian.

"Seperti contoh negara tetangga Singapura, sudah mendeklarasikan, tapi tiba-tiba pelonjakan kasus luar biasa, kematian juga luar biasa kaya kita di gelombang kedua," ujar Ati.

Oleh karena itu, Ati meminta masyarakat yang akan menghabiskan akhir tahun untuk berlibur agar tetap disiplin protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

"Saat ini ini pariwisata, ekonomi dibuka untuk pemulihan kembali. Tapi, kita harus tetap disiplin prokes," tandas Ati.

Berdasarkan data Dinkes Banten, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 per tanggal 26 Oktober 2021 ada sebanyak 132.147 kasus.


Akumulasi itu terdiri dari kasus aktif sebanyak 227 kasus, dinyatakan sembuh 129.236 kasus, dan dinyatakan meninggal dunia 2.684 kasus.

Adapun capaian vaksinasi untuk dosis pertama sebesar 57,3 persen atau 5.290.880 orang dari target 9.229.383 jiwa.

Sedangkan untuk capaian vaksinasi untuk dosis kedua baru sebesar 36,9 persen atau 3.402.595 jiwa.

Sebelumnya, pemerintah mengimbau masyarakat untuk tidak pulang kampung atau bepergian apabila tidak ada kepentingan mendesak pada libur akhir tahun 2021.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, sosialisasi yang masif agar masyarakat tidak bepergian atau pulang kampung tersebut pun diperlukan.

"Saya mohon nanti ada kampanye besar-besaran untuk mengimbau masyarakat agar tidak bepergian. Tidak pulang kampung atau bepergian atas tujuan-tujuan yang tidak primer," kata Muhadjir.

https://regional.kompas.com/read/2021/10/27/160603078/libur-akhir-tahun-pemprov-banten-tak-ingin-ada-lonjakan-kasus-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke