Salin Artikel

19 Rutan dan Lapas di Sumsel Sudah Melebihi Kapasitas, Ada yang Daya Tampung 300 Diisi 1.133 Napi

Data dari website Ditjen Pemasyarakatan, ada 20 Lapas dan Rutan di Sumatera Selatan. Dari total keseluruhan hanya satu yang masih ideal untuk menampung para napi. Sementara, 19 lainnya telah melebihi kapasitas sebesar 230 persen. 

Kasubag Humas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Sumatera Selatan Hamsir Arrohman mengatakan, idealnya 20 Rutan dan Lapas hanya bisa menampung sebanyak 6.605 orang.

Lapas terpadat di Sumsel: Lapas kelas II Sekayu di Musi Banyuasin

Namun, untuk jumlah tahanan saat ini telah mencapai 15.199 orang. Kondisi tersebut terpaksa membuat napi yang berada di Rutan dan Lapas harus berdesakan di sel tempat mereka ditahan.

"Kondisinya memang sudah melebihi kapasitas akibat Rutan dan Lapas sudah penuh ini sudah lama," kata Hamsir, Kamis (9/9/2021).

Lapas paling padat berada di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Dimana Lapas kelas II Sekayu yang hanya bisa menampung 300 orang kini sudah dipenuhi sebanyak 1.133 orang tahanan.

Sedangkan diurutan kedua, berada di Lapas Kelas II Banyuasin dimana kapasitas yang semestinya menampung 485 tahanan, kini sudah dipenuhi 1.458 orang napi.

Kepadatan hingga 191 persen di Lapas kelas 1 Palembang

Untuk lapas kelas 1 Palembang juga mengalami kondisi serupa. Dimana kepadatan sudah mencapai 191 persen.

Sebab, jumlah tahanan di sana sudah mencapai 1.571 orang dari kapastitas semestinya untuk 540 tahanan.

Di Lapas Kelas II B Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) jumlah tahanan mencapai 1.116 orang sementara daya tampung semestinya hanya untuk 350 napi.

"Hanya Lapas Anak Kelas I Palembang yang memiliki jumlah tahanan tidak melebihi kapasitas. Tercatat hanya 125 tahanan dari kapasitas tampung 500 orang," ujar Hamsir.


Pembangunan Lapas baru terkendala biaya

Kondisi lapas yang sudah kelebihan daya tampung ini menurut Hamsir sudah sering dilaporkan ke pemerintah pusat dan daerah.

Hanya saja, solusi untuk membangun Rutan maupun Lapas terkendala biaya yang cukup besar.

Untuk menghadapi kondisi tersebut, mereka pun menyebar tahanan di setiap Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan terdekat yang masih bisa menampung.

"Sarana yang kurang layak juga kita selalu perbaiki agar untuk mengantisipasi kejadian yang tak diginikan. Petugas Lapas juga kita minta selalu waspada,"jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/09/171048778/19-rutan-dan-lapas-di-sumsel-sudah-melebihi-kapasitas-ada-yang-daya-tampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke