Salin Artikel

Jalan Trans Sulawesi Poso-Touna Terputus, Ratusan Kendaraan Tertahan

Putusnya jalur utama yang menghubungkan Kabupaten Poso, Touna dan Kabupaten Banggai, tersebut membuat mobil dan motor sama sekali tidak bisa melintas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Touna, Iksan Badawi menjelaskan bahwa jalan ambles akibat banjir.

Seluruh kendaraan untuk sementara tidak bisa melintas, baik dari arah Kabupaten Poso menuju Kabupaten Touna, begitu juga sebaliknya.

Menurut dia, ratusan kendaraan dari arah berlawanan terpaksa tertahan di lokasi sambil menunggu perbaikan jalan dari Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Touna.

"Hingga malam ini memang ratusan kendaraan masih tertahan di lokasi, sama sekali tidak bisa melintas. Kami sudah turunkan tim dari BPBD berkoordinasi bersama aparat TNI, Polri, dan unsur Camat setempat untuk ikut membantu perbaikan sementara. Tapi karena cuaca tidak mendukung ,upaya perbaikan jalan dilanjutkan besok pagi," ujar Iksan saat dikonfirmasi, Sabtu malam.

Sementara itu, Hamimah (45) yang merupakan warga Desa Podi mengatakan, hujan deras terjadi sejak Sabtu sore.

Diduga banjir tersebut adalah air kiriman dari pegunungan yang berada di sebelah Jalan Trans Sulawesi.

"Pada pukul 17.40 Wita, kami mendapat kabar bahwa Jalan Raya Trans Sulawesi terputus karena longsor yang diakibatkan oleh hujan yang deras, serta luapan air kiriman dari pegunungan," ujar Hamimah.

Adapun di sepanjang wilayah yang dilalui banjir itu tidak terdapat permukiman warga.

Aparat kepolisian dari Sektor Tojo maupun dari Polres Touna, serta TNI masih berada di lokasi banjir.

Mereka tetap bersiaga dan memberikan imbauan kepada pengguna Jalan Trans Sulawesi agar menjauh dari lokasi kejadian, guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

https://regional.kompas.com/read/2021/09/05/061323078/jalan-trans-sulawesi-poso-touna-terputus-ratusan-kendaraan-tertahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke