Salin Artikel

2 Mahasiswa Tuntut DPRD NTT Panggil Pejabat yang Pesta di Pulau Semau

Dalam aksinya, dua mahasiswa bernama Mario Yosrandi Sara dan Hendra Langoday, mengecam sejumlah pejabat yang hadir dalam acara pesta dan panggung hiburan yang digelar di Pulau Semau, Kabupaten Kupang, Jumat (27/8/2021).

Sejumlah pejabat hadir dalam acara yang melibatkan ratusan orang tersebut. Seperti, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, wali kota dan bupati di NTT, serta sejumlah pejabat lainnya.

"Kami meminta DPRD Provinsi NTT memanggil pihak-pihah terkait, guna mempertanggungjawabkan kerumunan yang terjadi," kata Mario, kepada Kompas.com, Senin.

Kedua mahasiswa mengecam acara yang digelar di tengah pandemi Covid-19 itu.

"Kami juga meminta pihak kepolisian, untuk memanggil dan mengonfirmasi Gubernur NTT dan para bupati, guna menjelaskan kerumunan tersebut," ujar Mario yang berasal dari Kabupaten Timor Tengah Utara itu.

Mario meminta polisi dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengaudit anggaran yang digunakan dalam acara tersebut.

Selain itu, mereka meminta gugus tugas Provinsi NTT dan semua gugus tugas kabupaten diNTT memberikan penjelasan kepada publik.

Penjelasan itu terkait kehadiran para bupati atau wakil bupati di lokasi dan mengikuti kerumunan tersebut.

Sebelumnya, sejumlah video dan foto beberapa pejabat di Nusa Tenggara Timur (NTT), mengikuti pesta dan panggung hiburan viral di media sosial.

Dalam video itu, terlihat ratusan orang dalam kerumunan dan diduga melanggar protokol kesehatan.


Video tersebut merupakan kegiatan Pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di Pantai Pulau Semau, Kabupaten Kupang, pada Jumat.

Hadir dalam acara itu, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi dan wali kota dan para bupati seluruh NTT, serta sejumlah pejabat lainnya.

Ada yang menggunakan masker dan banyak juga yang melepas masker. Terlihat pula panggung hiburan, di mana beberapa kepala daerah turut menyumbangkan lagu dan para pemain musik di atas panggung tidak menggunakan masker.

Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, yang dihubungi Kompas.com, membantah kalau pihaknya menggelar pesta.

"Tidak ada acara pesta. Yang ada acara pengukuhan TPKAD, pemberian beasiswa dan sembako ke masyarakat," ujar Josef.

Kegiatan itu, lanjut Josef, berlangsung di Pantai Otan Desa Otan, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang.

"Di Otan itu zona hijau. Semua yang dari Kupang, harus sudah vaksin dan PCR. Kalau tidak, maka enggak boleh naik kapal," ujar Josef. 

https://regional.kompas.com/read/2021/08/30/214836978/2-mahasiswa-tuntut-dprd-ntt-panggil-pejabat-yang-pesta-di-pulau-semau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke