Salin Artikel

Warga Disabilitas di Babel Antusias Divaksin, Pulangnya Bawa Paket Sembako

Kali ini, jajaran TNI-Polri yang didukung Pemprov Babel melakukan vaksinasi bagi 300 penyandang disabilitas di GOR Sahabudin, Pangkalpinang, Sabtu (14/8/2021).

Gubernur Erzaldi Rosman mengatakan, percepatan vaksinasi bagi penyandang disabilitas harus menjadi prioritas, karena penyandang disabilitas merupakan salah satu kelompok rentan terpapar virus Covid-19.

Di sela peninjauan vaksinasi , Gubernur Babel juga menyempatkan untuk berbincang dengan penyandang disabilitas, salah satunya Burhan.

Pada kesempatan tersebut dengan dibantu perantara menggunakan bahasa isyarat, gubernur menanyakan bagaimana rasanya setelah divaksin.

"Sakit sedikit, tapi tidak apa-apa untuk sehat," ungkap Burhan menggunakan bahasa isyarat.

Menurut Burhan, seluruh anak-anak penyandang disabilitas diharapkan mendapatkan vaksin sehingga mampu mencapai herd immunity secara maksimal.

Seusai divaksin para disabilitas tersebut mendapatkan paket bahan pokok.

Upaya Pemprov Babel dalam melakukan percepatan vaksinasi, kata gubernur mendapat dukungan dari pemerintah pusat yang akan mengirim tambahan vaksin ke Bangka Belitung.

"Insyaallah minggu depan akan ada tambahan vaksin jenis Sinovac dan Moderna," kata Erzaldi di GOR Sahabudin. 


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Babel Andri Nurtito menyampaikan, pihaknya dengan dibantu TNI-Polri menargetkan menyuntikan vaksin sebanyak 10.000 dosis setiap harinya. Namun, kondisi saat ini adalah tersendatnya pasokan vaksin dari pemerintah pusat.

"Kami menargetkan bulan Desember 2021 dengan 1,2 juta masyarakat sudah tervaksin, sehingga herd immunity di Babel terwujud, namun dengan syarat distribusi vaksin dari pemerintah pusat lancar," jelasnya.

Saat ini berbagai strategi diupayakan guna mempercepat vaksinasi, seperti menyiapkan 89 lokasi vaksinasi dengan menargetkan 300 suntikan dosis vaksinasi setiap harinya pada tiap lokasi. Di samping itu akan diprioritaskan vaksinasi pada zona merah.

"Kami ingin mengatur pola vaksinasi klaster secara terpusat, zona merah akan didahulukan. Sehingga kami optimis dengan dukungan TNI-Polri, herd immunity di Babel segera tercapai," ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2021/08/16/094202978/warga-disabilitas-di-babel-antusias-divaksin-pulangnya-bawa-paket-sembako

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke