Salin Artikel

Viral, Video Seorang Tenaga Kesehatan Mengaku Diusir Warga Saat Isolasi Mandiri

Dalam video berdurasi satu menit 30 detik itu terlihat seorang tenaga kesehatan PSC Kabupaten Ngawi bernama Arya mengepak barang-barang di rumahnya.

Arya yang sedang menjalani isolasi mandiri itu pindah ke rumah sakit lapangan RSUD Ngawi setelah diusir warga.

“Ini tadi ada masyarakat menyuruh kami dan mengusir kami untuk pindah. Kami siap siap diusir,” kata Arya dikutip dari video tersebut, Senin (12/7/2021).

Dalam video itu, Arya menceritakan rumah yang ditempatinya merupakan rumahnya sendiri. Namun, warga tetap mengusirnya karena karena kartu tanda penduduk (KTP) Arya belum beralamat desa setempat.

Arya mengaku terkonfirmasi positif Covid 19 pada 8 Juli 2021.

“Ini tanggal 9, saya berniat isolasi di rumah saya, tapi saya belum punya KTP asli wilayah sini, tapi ini asli rumah kami,” katanya.

Arya mengaku sedih dengan perlakuan itu. Apalagi, dirinya berprofesi sebagai tenaga kesehatan yang berjuang di garis depan penanganan pasien Covid-19.

“Sedih sih, tapi ya sudah lah diterima memang sudah risiko tenaga kesehatan,” ucapnya.

Di akhir video, Arya meminta masyarakat mendoakan kesehatan seluruh tenaga medis di Indonesia.

Saat dikonfirmasi lewat telepon, Arya membenarkan video itu dibuat saat mempersiapkan barang-barang untuk pindah ke rumah sakit lapangan RSUD Ngawi.

Saat itu, Arya dijemput sejumlah rekannya sesama tenaga kesehatan di PSC Kabupaten Ngawi.

Ia mengaku memilih pindah dari rumah yang ditempatinya selama 1,5 tahun terakhir untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

“Video itu saya buat setelah menerima ancaman dari warga saat persiapan untuk pindah ke RSUD,” ujar Arya saat dikonfirmasi lewat telepon, Selasa.


Sementara itu, Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Ngawi Prilla Yudha Putra mengatakan, sejumlah langkah telah diambil agar kejadian itu tak terulang.

Satgas desa dan kecamatan akan melakukan edukasi kepada warga terkait pelaksanaan isolasi mandiri bagi pasien positif Covid-19.

Menurutnya, tenaga kesehatan itu saat ini tinggal di Desa Gandong. Sampai saat ini, tak ada kasus Covid-19 di desa tersebut.

“Kita terus mengedukasi warga, tidak perlu disikapi dengan ketakutan yang berlebihan. Info dari camat, kebetulan Desa Gandong itu desa yang masih zero Covid-19,” katanya.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/13/145652178/viral-video-seorang-tenaga-kesehatan-mengaku-diusir-warga-saat-isolasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke