Salin Artikel

Kembali ke Papua, Gubernur Lukas Enembe Imbau Masyarakat Tak Sambut Kepulangannya

Lukas menjalani pengobatan di Singapura sejak 9 Mei 2021. Ia selesai menjalani pengobatan dan kembali ke Indonesia pada 1 Juli 2021.

"Gubernur Papua Lukas Enembe akan kembali ke Tanah Papua pada malam ini 8 Juli 2021 setelah melakukan sejumlah protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah," ujar juru bicara Gubernur Papua Muhammad Rifai Darus melalui keterangan tertulis, Kamis.

Rifai menegaskan, Gubernur Lukas Enembe tak ingin ada acara penyambutan yang berlebihan saat kedatangannya di Papua.

Ia tak ingin ada kegiatan yang justru berpotensi menimbulkan kerumunan di tengah lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah daerah.

Rifai mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tak menjemput Lukas Enembe saat tiba di bandara.

"Gubernur Papua Lukas Enembe mengimbau kepada seluruh masyarakat Papua yang memiliki keinginan untuk mengantar, menjemput ataupun melihat beliau di bandara, agar tidak melakukan kegiatan tersebut," kata dia.


"Pengerahan maupun pengumpulan massa yang dilakukan oleh masyarakat secara individu ataupun kolektif tidak diperkenankan dalam masa pandemi ini. Gubernur Papua Lukas Enembe meminta kepada masyarakat untuk menghormati peraturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah sekaligus melindungi diri sendiri dan keluarga dari ancaman penyebaran Covid-19," sambung Rifai.

Kondisi kesehatan Lukas Enembe, kata Rifai, sudah jauh lebih baik. Sehingga, Lukas akan menjalankan tugasnya sebagai Gubernur Papua.

Namun, Lukas Enembe tetap meminta doa dari seluruh masyarakat Papua agar tetap dalam keadaan sehat.

"Beliau siap memimpin kembali roda pemerintahan Provinsi Papua dan mengabdi kembali pada rakyat Papua pasca-pemulihan kesehatan yang telah dilewati oleh beliau," kata Rifai.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/08/165121278/kembali-ke-papua-gubernur-lukas-enembe-imbau-masyarakat-tak-sambut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke