Salin Artikel

Geram Warga Tak Percaya Covid-19, Bupati Banyumas: Ayo Lihat Pasien di ICU, Saya Temani

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Bupati Banyumas, Jawa Tengah, Achmad Husein, geram terhadap warga yang masih tidak percaya Covid-19.

Terlebih, sebagian di antara mereka juga kerap memprovokasi warga lain agar tidak percaya Covid-19.

Melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, Husein menantang warga yang tidak terpacaya Covid-19 untuk melihat secara langsung kondisi pasien di ruang ICU dan isolasi.

"Warga yang tidak percaya Covid-19 saya minta berhenti memprovokasi warga. Kalau konsekuen, saya akan tunjukkan untuk melihat langsung pasien Covid-19 di ICU dan isolasi," kata Husein dalam video yang dikutip, Minggu (4/7/2021).

Tantangan tersebut tidak main-main, Husein bahkan menyatakan siap menemani warga tersebut melihat ke ruang ICU dan isolasi.

"Ayo bersama-sama saya temani secara pribadi supaya riil, nyata, melihat Covid-19 itu ada. Coba buktikan, jangan cuma memprovokasi orang, ayo bersama-sama, saya temani," tegas Husein.

Menurut Husein, tindakan provokasi tersebut akan kontraproduktif dengan upaya pemerintah yang tengah bekerja keras melawan Covid-19.

Dalam video yang sama, Husein mengatalan, saat ini sedang terjadi lonjakan kasus Covid-19.

"Saya berharap masyarakat tidak perlu panik, tetap optimis, jangan terlalu khawatir, yang penting disiplin protokol kesehatan," ujar Husein.

Menurut dia, Covid-19 tidak lebih berbahaya dari penyakit TBC.

Perbandingannya, lanjut Husein, tingkat kematian Covid-19 di kisaran empat persen, sedangkan TBC mencapai 12 persen.

"Hanya bedanya penularan Covid-19 cepat sekali, sehingga banyak yang sakit, ini disebut pandemi, sedangkan TBC kasusnya lebih sedikit," kata Husein.

Pemerintah membuat berbagai aturan tujuannya untuk menekan penularan Covid-19, sehingga tidak terlalu banyak yang terpapar.

https://regional.kompas.com/read/2021/07/04/102724178/geram-warga-tak-percaya-covid-19-bupati-banyumas-ayo-lihat-pasien-di-icu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke