Salin Artikel

Satgas Covid-19 Jatim: Pekan Lalu Hanya Bangkalan, Kini Tambah Ponorogo dan Ngawi Jadi Zona Merah

"Pekan lalu hanya Bangkalan, tapi pekan ini bertambah dua kabupaten di Jatim yang statusnya zona merah," ujar Jibril ketika dikonfirmasi via telepon, Jumat (25/6/2021).

Ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19 yang telah terpakai, kata Jibril, menjadi salah satu indikator penetapan status zona merah kepada dua kabupaten itu.

Saat ini, terdapat tiga kabupaten dengan status zona merah di Jawa Timur. 

"Ponorogo dan Ngawi berubah statusnya karena selama sepekan terakhir kenaikan kasus aktifnya sangatlah signifikan, bahkan bisa mencapai dua kali lipat dari pekan sebelumnya sehingga otomatis alarm zona merah muncul," papar dia.

Dari 38 Kabupaten atau kota di Jawa Timur, kini tersisa satu daerah dengan status zona kuning. Padahal, pekan lalu terdapat lima daerah.

"Sekarang hanya menyisakan Kabupaten Sumenep yang zona kuning, sedangkan empat daerah lain masuk zona oranye atau risiko penularan sedang," kata Jibril.

Perubahan status kabupaten atau kota dari zona kuning ke oranye terjadi karena peningkatan kasus Covid-19 yang mencapai 1,5 kali lipat di wilayah itu.

"Di daerah yang sebelumnya zona kuning, pekan ini rata-rata kasusnya naik 1-1,5 kali lipat sehingga berubah. Semua harus tetap waspada menerapkan protokol kesehatan ketat, agar dapat kuning kembali, bahkan hijau," tutur dia.

Kasus aktif di tiga kabupaten zona merah

Sampai saat ini, tercatat 4.565 kasus positif Covid-19 di Kabupaten Ponorogo. Dari jumlah itu, 3.929 pasien sembuh dan 490 orang meninggal. Sehingga, tersisa 149 kasus aktif di Ponorogo.


Sementara di Kabupaten Ngawi, tercatat 2.939 kasus positif Covid-19 di wilayah itu hingga saat ini. Rinciannya, 2.530 pasien sembuh, 301 meninggal, dan 99 kasus aktif.

Sedangkan di Bangkalan, 3.162 kasus positif Covid-19 tercatat hingga saat ini. Sebanyak 1.838 di antaranya sembuh dan 303 orang meninggal.

Tercatat, 1.021 kasus aktif yang masih dirawat di Bangkalan.

Daftar kabupaten atau kota zona oranye

Sementara itu, kabupaten atau kota di Jawa Timur dengan status zona oranye di antaranya, Kabupaten Trenggalek, Jember, Sidoarjo, Banyuwangi, Pasuruan, Situbondo, Kediri, Jombang, Blitar, Tulungagung, Gresik, Magetan, Sampang, Bondowoso, Mojokerto, Malang, Nganjuk, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Madiun, Lumajang, Probolinggo, dan Pamekasan.

Berikutnya, Kota Pasuruan, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Malang, Kota Probolinggo, Kota Blitar, Kota Surabaya, Kota Batu, serta Kota Mojokerto. Total ada 35 kabupaten dan kota.

Sementara itu, tercatat 166.831 kasus positif Covid-19 di Jawa Timur hingga hari ini. Rinciannya, 6.380 orang dirawat, 148.264 orang sembuh (88,87 persen), dan 12.187 pasien (7,30 persen) meninggal.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/25/175825278/satgas-covid-19-jatim-pekan-lalu-hanya-bangkalan-kini-tambah-ponorogo-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke