Salin Artikel

Baru 2 Persen Anggaran Insentif Nakes Sulsel yang Cair, Ini Alasan Plt Gubernur

Berdasarkan data tersebut, realisasi pencairan insentif nakes Sulawesi Selatan baru mencapai 2,36 persen atau Rp 6,6 miliar dari total Rp 280 miliar.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, masih rendahnya pembayaran insentif yang berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH) karena adanya aturan baru.

“Anggarannya sudah disiapkan, hanya tinggal bagaimana regulasi pencairannya. Harus berhati-hati dalam pencairan, jangan sampai misalnya sudah ada tambahan penghasilan yang juga diterima. Sebenarnya persoalan aturan itu, daerah lain juga begitu. Makanya ditelaah, diperiksa dulu," kata Andi Sudirman, Rabu (23/6/2021).

Selain masalah rendahnya penyaluran insentif nakes, tambah Andi Sudirman, Bantuan Operasional Kesehatan Tambahan (BOKT) Sulawesi Selatan ternyata juga masih rendah.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, BOKT Sulawesi Selatan yang sudah dicairkan baru Rp 68 miliar dari total Rp 129 miliar.

Akibatnya, sejumlah nakes di Rumah Sakit Umum Pusat Wahidin Sudirohusodo Makassar  belum terbayarkan insentifnya.

Sedangkan ada rekan-rekannya yang juga bertugas yang sama sebagai tim Satgas Covid-19 telah dibayarkan insentifnya.

“Satgas Covid-19 di RSUP Wahidin Sudirohusodo Makassar sebanyak 300 orang. Saya dan rekan-rekan nakes sekitar 100 orang belum cair, sementara rekan-rekan yang lain sudah cair," kata Andi Sudirman.

"Dulunya insentif ditransfer langsung ke rekening BTN, tapi bulan kemarin petugas Covid-19 dibuatkan rekening baru BRI dan banyak bermasalah. Karena banyak nomor rekeningnya ganda, sama nama, NPWP beda, NIK sama atau sebaliknya,” bebernya. 

https://regional.kompas.com/read/2021/06/24/084922778/baru-2-persen-anggaran-insentif-nakes-sulsel-yang-cair-ini-alasan-plt

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke