Salin Artikel

Legislator Jatim Inisiasi Rumah Sehat di Kelampis Bagi OTG

Sebanyak 12 Anggota DPRD Jatim asal Madura berinisiatif membantu Pemkab Bangkalan untuk mendirikan Rumah Sehat di tengah-tengah kecamatan yang menjadi lonjakan kasus Covid-19 tertinggi.

Rumah sehat tersebut dikhususkan untuk pasien tanpa gejala agar dapat tertangani dengan baik.

"Kami akan dirikan rumah sehat, tujuannya untuk menampung pasien Covid-19 yang tanpa gejala, harapannya bisa betul  betul-betul membantu upaya medis yang dilakukan oleh nakes dan juga supaya bisa membantu upaya Pemkab Bangkalan untuk menurunkan angka Covid-19," ucap RK. Nasich Aschal Anggota DPRD Jatim Fraksi Nasdem, Saat dikonfirmasi, Rabu (16/6/2021).

Nasich yang menjadi juru bicara dalam kegiatan tersebut menyebutkan, rumah sehat yang menjadi pilot project direncanakan bertempat di Kecamatan Kelampis.

Sebab, tempat tersebut berada di posisi sentral yang bisa mencakupi Kecamatan Arosbaya, Geger dan Sepulu.

Untuk menyukseskan program, fasilitas akan dilengkapi dengan relawan yang ikut serta memberikan sosialisasi, edukasi tentang persoalan Covid-19 dan penanganannya.

"Selain Rumah Sehat ini kami akan membentuk relawan yang bisa berkomunikasi dengan baik, untuk menyampaikan informasi penting terkait Covid-19. Sehingga harapannya ke depan tidak lagi masyarakat ketakutannya untuk dilakukan swab dan vaksin," sebut dia.


Langkah itu penting dilakukan agar masyarakat menjadi paham dan tidak lagi menganggap pasien dicovidkan.

Rumah sehat tersebut ditargetkan rampung dalam satu minggu ke depan.

Terkait tenaga medisnya, dia akan berkoordinasi dengan beberapa dokter dan nakes yang ada di tingkat Puskesmas setempat.

"Kita kerja sama dengan beberapa dokter, kita kolaborasi dengan Puskemas juga," kata dia.

Selain itu 12 legislator Jatim ini juga memberikan 3.000 paket yang berisi handsanitizer, vitamin, masker dan minuman susu yang akan disalurkan ke lima kecamatan zona merah saat ini yakni Arosbaya, Kelampis, sepulu, Geger dan  Bangkalan.

Aksi solidaritas yang mereka lakukan melibatkan langsung komunitas masyarakat hingga Pengurus Daerah NU dan MWC NU ditingkat kecamatan. Dan biasa dilakukan saat ada daerah tertimpa musibah.

"Ini inisiatif dari temen-temen dapil Madura, sebelumnya sempat ingin membantu korban longsor di Pamekasan. Karena saat ini lonjakan Covid-19 sangat tinggi di Bangkalan, kita bersama-sama melakukan aksi solidaritas ini, Ini ada keterwakilan anggota yang lainnya yang membantu dengan ikhlas," beber Nasich.

12 Anggota DPRD Jatim Tersebut adalah, Alyadi dan Nurfitriani (PKB), H. Mohammad Nasich Aschal dan Mohammad Ashari (Partai Nasdem), Ahmad Iskandar dan Zainal Abidin (Partai Demokrat), Mahfud (PDIP), Muhammad Muafi Bin Zain (Partai Golkar), M Musyaffa (PPP), Moch Aziz (PAN), Abdul Halim (Gerindra) dan Mathur Khusairi (PBB).


Kabupaten Bangkalan Jawa Timur berubah status dari zona oranye menjadi zona merah penyebaran Covid-19 per Selasa (15/6/2021) kemarin.

Zona merah dalam peta sebaran Covid-19 berarti daerah dengan risiko tinggi penyebaran Covid-19.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 Jatim, total kasus Covid-19 di Bangkalan tercatat 2.384 kasus, 1.553 kasus sembuh, 232 pasien meninggal dunia, dan 599 kasus masih ditangani di rumah sakit rujukan.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/16/200209378/legislator-jatim-inisiasi-rumah-sehat-di-kelampis-bagi-otg

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke