Salin Artikel

Cerita Aparat TNI Gagalkan Penyelundupan 85 Liter BBM dari Indonesia ke Timor Leste Lewat Jalan Tikus

Dansatgas Yonarmed 6/3 Kostrad Letkol Arm Andang Radianto mengatakan, BBM yang hendak diselundupkan ke Timor Leste, melalui Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), berjenis premium dan solar.

"Ada 85 liter BBM yang hendak diselundupkan ke Timor Leste melalui jalan tikus," ungkap Andang, kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Jumat (11/6/2021).

Andang memerinci, 85 liter BBM itu terdiri dari premium 30 liter dan Solar 55 liter.

Semua BBM itu disimpan dalam satu buah jeriken berukuran 35 liter, satu buah jeriken ukuran 20 liter dan tujuh buah jeriken ukuran 5 liter.

Aksi penyelundupan itu lanjut Andang, digagalkan oleh anggotanya yang bertugas di Pos Napan Bawah Kamis (10/06/2021) malam.

Andang menuturkan, kejadian itu bermula ketika personel Pos Napan Bawah dari Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, yang dipimpin oleh Sertu Handhika Wahyu, melaksanakan patroli malam, sekitar pukul 20.15 WITA.

Dengar suara mencurigakan

Saat sedang patroli menuju di jalan tikus, seorang anggota bernama Praka Harisman mendengarkan suara mencurigakan, seperti ada seseorang yang sedang berbicara.

Kemudian, Sertu Handhika Wahyu memberikan perintah kepada Praka Harisman dan Prada Junaedi, untuk memeriksa.

Mereka pun mengarahkan senter ke arah sumber suara.

Dua warga yang tidak diketahui identitasnya itu meninggalkan sejumlah barang diduga BBM.

"Dua anggota sempat berusaha mengejar, tetapi oknum tersebut tidak bisa ditemukan lantaran situasi medan yang gelap pada malam hari. Apalagi medan yang agak berbahaya sehingga akhirnya keduanya memutuskan untuk kembali ke lokasi tempat ditinggalkannya BBM tersebut,"ujar Andang.

Selanjutnya, barang yang ternyata puluhan liter BBM itu dibawa menuju ke pos oleh anggota TNI untuk diamankan sebagai barang bukti.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/11/192247678/cerita-aparat-tni-gagalkan-penyelundupan-85-liter-bbm-dari-indonesia-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke