Salin Artikel

Soal Rencana Sekolah Tatap Muka di Sumut, Ini Penjelasan Edy Rahmayadi

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, belajar tatap muka pada tahun ajaran 2021-2022 harus tetap mempertimbangan kondisi pandemi Covid-19 dan keselamatan siswa.

Apalagi, dalam dua pekan setelah Lebaran, terjadi peningkatan kasus hingga mencapai rata-rata 90 pasien per hari.

Pada pekan ketiga, penambahan masih di angka 80-an kasus.

“Tetapi belajar tatap muka belum saya izinkan, tergantung nanti situasi. Tidak mungkin anak-anak kita korbankan hanya gara-gara menuntut pendidikan tatap muka. Untuk ini, segala keterbatasan pembelajaran untuk menjaga kesehatan anak-anak kita,” ujar Edy dalam keterangan tertulis usai menggelar pertemuan di rumah dinas, Kamis (3/6/2021).

Edy mengatakan, Pemprov Sumut akan mengkaji secara mendalam langkah yang harus diambil untuk belajar tatap muka.

Pihaknya tidak sendirian dalam memutuskan, namun bersama para ahli yang kompeten di bidangnya seperti psikologi anak, dokter, tenaga pendidik, tokoh masyarakat, tokoh adat, serta lainnya.

“Secara ekonomi, tatap muka menjadi satu hal yang baik, karena mobilitas akan meningkat. Soal lain adalah bagaimana kondisi Covid-19 menurun,” kata Edy.

Kepala Dinas Pendidikan Sumut Syaifuddin mengatakan, vaksinasi untuk guru dan tenaga pendidik hampir 60 persen.

Adapun target vaksinasi yang direncanakan sebesar 70 persen dari jumlah guru untuk menyiapkan segala sesuatu sebelum sekolah tatap muka kembali dimulai.

Begitu juga dengan persiapan di sekolah.

Menurut Syaifuddin, pihaknya akan memperkuat Unit Kesehatan Sekolah (UKS) seperti menambah personel mulai dari tenaga kesehatan dan guru bimbingan konseling (psikologis).

Jika diperlukan, maka akan disiapkan perawat yang bekerja sama dengan Puskesmas.

“Kita tetap berusaha, tahun ajaran baru dilaksanakan tatap muka dengan segala kesiapan. Tetapi itu kembali kepada Pak Gubernur. Kita tetap melaksanakan kebijakan gubernur sesuai surat edaran, kita berdoa semoga keadaan membaik,” kata Syaifuddin.

https://regional.kompas.com/read/2021/06/04/060015178/soal-rencana-sekolah-tatap-muka-di-sumut-ini-penjelasan-edy-rahmayadi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke