Salin Artikel

Kronologi Pom Bensin Mini di Semarang Meledak hingga Mengakibatkan 2 Orang Alami Luka Bakar

KOMPAS.com - Sebuah pom pengisian bahan bakar mini yang berada di Jalan Grafika, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah, meledak dan terbakar, Senin (26/4/2021) sekitar pukul 15.30 WIB.

Kabid Operasional dan Penyelamatan Damkar Semarang Trijoto P sakti mengatakan, kejadian berawal saat pengendara sepeda motor hendak mengisi bensin. Saat itu, posisi motor dalam keadaan menyala.

Tiba-tiba, api keluar dari motor tersebut. Akibatnya, pengendara motor dan operator pom mini tersebut mengalami luka bakar.

Satu korban dilarikan ke Rumah Sakit Hermina Semarang, dan korban lainnya dibawa ke Rumah Sakit Umum Pusat Kariadi.

"Belum diketahui identitas para korban tersebut. Kerugian materil berkisar Rp 150 juta," kata Trijoto, dikutip dari TribunJateng.com.

Kata Trijoto, saat terjadi kebakaran itu, pihaknya mengerahkan satu unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api di pom mini tersebut.

"Sekitar setengah jam api sudah berhasil dipadamkan," ungkapnya.


Agar kejadian serupa tak terjadi lagi, Trijoto mengimbau kepada pemilik usaha yang berpontensi meinimbulkan panas atau api untuk menyediakan keamanan yang baik.

Tak hanya itu, harus memiliki bekal terkait evaluasi kebakaran yang mumpuni.

Tujuannya, ketika terjadi kebakaran para pelaku usaha sudah mengerti penanganan pertama untuk mengatasi kebakaran dan bagaimana menghubungi petugas pemadam.

"Sayangnya pengusaha pom bensin mini kebanyakan tanpa rekomendasi untuk proteksi kebakaran. Padahal risiko kebakaran besar sekali terjadi," jelasnya.

 

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Pom Mini di Banyumanik Semarang Meledak saat Warga Mengisi BBM, Dua Orang Kritis

https://regional.kompas.com/read/2021/04/28/074933878/kronologi-pom-bensin-mini-di-semarang-meledak-hingga-mengakibatkan-2-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke