Salin Artikel

Awak KRI Nanggala-402 Gugur, Polisi Shalat Gaib, Bupati Jombang Pimpin Doa Bersama

Sementara di lain tempat, Bupati Jombang memimpin doa bersama saat mengunjungi kediaman keluarga salah satu kru kapal selam KRI Nanggala-402.

Kedua peristiwa itu terjadi pada Senin (26/4/2021). Tujuannya, untuk mengenang, menghormati, dan mendoakan para korban tenggelamnya KRI Nanggala-402.

Pada Senin malam, di Mapolres Jombang, anggota Kepolisian setempat melaksanakan shalat gaib, selepas shalat tarawih.

Setelah merampungkan shalat gaib untuk kru KRI Nanggala-402 yang gugur, para jemaah bersama-sama membaca tahlil dan memanjatkan doa.

Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho mengatakan, para korban dari tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala-402, layak mendapatkan penghargaan dan penghormatan karena gugur saat menjalankan tugas.

"Kita mendoakan agar seluruh korban tenggelamnya kapal Nanggala mendapatkan tempat yang layak di sisi-nya dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan," ujar Agung usai shalat gaib di Mapolres Jombang, Senin malam.

Salah satu korban tenggelamnya Kapal Selam KRI Nanggala 402, yakni Kls Nav Deni Richi Sambudi (28), berasal dari Desa Jatiduwur, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang.

Bersama Bupati Jombang dan jajaran Forkopimda Pemkab Jombang, Agung mengunjungi kediaman keluarga Kls Nav Deni Richi Sambudi, Senin siang.


Pantauan Kompas.com, rombongan Forkopimda yang terdiri dari Bupati Jombang Mundjidah Wahab, Wakil Bupati Jombang Sumrambah, datang ke rumah duka selepas kumandang adzan zhuhur.

Dalam rombongan, terdapat Kapolres Jombang AKBP Agung Setyo Nugroho, Dandim 0814 Jombang, serta Kepala Kejaksaan Negeri Jombang.

Kedatangan mereka disambut Marsan (55), ayah kandung Kls Nav Deni Richi Sambudi, serta beberapa kerabatnya.

Saat di rumah duka, rombongan Forkopimda Pemkab Jombang itu bersama-sama memanjatkan doa, dipimpin Bupati Jombang Mundjidah Wahab.

Selepas doa bersama, Bupati Jombang menyerahkan santunan kepada keluarga Kls Nav Deni Richi Sambudi.

Dalam penjelasannya usai bertemu keluarga Kls Nav Deni Richi Sambudi, Mundjidah Wahab tak ragu menyebut para kru Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam merupakan para pahlawan.

Mereka gugur saat menjalankan tugas, sehingga sudah semestinya mendapatkan penghormatan dan penghargaan yang layak.

"Kami mendoakan semoga semua arwah para pahlawan mendapatkan tempat yang layak dan diterima di sisi Allah SWT," kata Mundjidah saat berkunjung ke rumah keluarga Kls Nav Deni Richi.

https://regional.kompas.com/read/2021/04/27/061116578/awak-kri-nanggala-402-gugur-polisi-shalat-gaib-bupati-jombang-pimpin-doa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke