Salin Artikel

Cerita di Balik Video Warga Sakit Ditandu Pakai Bambu dan Sarung Lewati Jalan Rusak di Luwu

KOMPAS.com - Warganet heboh dengan beredarnya sebuah video seorang warga bernama Irawati di Dusun Pulao, Desa Sassa, Kecamatan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, terpaksa ditandu menggunakan bambu dan sarung saat hendak berobat ke Puskesmas Beubunta.

Dari keterangan yang diperoleh, kondisi jalan menuju puskesmas rusak parah. Warga pun terpaksa menandu Irawati menuju mobil ambulans untuk berobat. 

"Pasien itu ditandu sampai ke tempat ambulans, lalu dibawa ke Puskesmas. Dalam perjalanan ada bidan kami yang ikut,” ucap Kepala Puskesmas Baebunta Hairul Muslimin membenarkan informasi itu, Sabtu (20/3/2021).

Viral di media sosial

Video tersebut menjadi viral setelah diunggah oleh sebuah akun Facebook, Chenzu Rampul Gerosi pada Rabu (17/3/2021), sekitar pukul 17.34 WITA.

“Sampai kapan masyarakat Desa Sassa (Dusun Pulao) seperti ini? Semenjak Indonesia merdeka, kampung ini tidak pernah merasakan akses jalan yang bagus, dan ini terjadi bukan hanya 1 atau 2 kali saja, memikul pasien yang sudah tidak mampu mengendarai sepeda motor. Bagaimana tanggapan Pemerintah Luwu Utara melihat pasien yang ditandu selama beberapa jam untuk mendapatkan perawatan,” tulis Chenzu di akun Facebook.

Tanggapan Bupati Luwu

Menanggapi keluhan warga Dusun Pulao, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani segera merespons.

Indah langsung datang mengunjungi Dusun Pulau, sambil melihat kondisi masyarakat dan infrastruktur desa.


"Kemarin kami lihat di media sosial ada warga yang harus ditandu, segera kami akan bangunkan Puskesmas Pembantu (Pustu) di Dusun Pulau, untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan masyarakat di sana," ujar Indah.

Pihaknya, kata Indah, akan segera memaksimalkan pelayanan kesehatan dan sambil menunggu proses pembangunan Pustu, untuk sementara waktu rumah Kepala Dusun Pulao dijadikan sebagai rumah singgah.

"Sambil mencari lahan, desain pustunya juga akan segera dikerjakan. Saat lahan nanti ada, kita akan langsung bangun Pustu Pulao," tutur Indah.

(Penulis: Kontributor Kompas TV Luwu Palopo, Amran Amir | Editor: Abba Gabrillin)

https://regional.kompas.com/read/2021/03/21/072200978/cerita-di-balik-video-warga-sakit-ditandu-pakai-bambu-dan-sarung-lewati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke