Salin Artikel

Resmikan Mal Pelayanan Publik Salatiga, Menpan RB: ASN Tetap Produktif di Masa Pandemi

SALATIGA, KOMPAS.com - Peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) Smart Kota Salatiga diapresiasi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo.

Dia menilai, hal ini menunjukkan aparatur sipil negara (ASN) tetap produktif di masa pandemi Covid-19.

"Hal ini penting karena penyederhanaan dalam pelayanan publik dibutuhkan untuk memutus rumitnya birokrasi," ungkapnya saat meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Smart Kota Salatiga, Jumat (19/3/2021).

Dijelaskan Tjahjo, mal pelayanan publik ini merupakan layanan terpadu yang dibangun untuk mempermudah masyarakat dalam hal mengurus sesuatu.

"Orang bisa masuk dan datang mengurus apa saja dan dapat selesai dengan cepat. Seperti mengurus perizinan, kebutuhan mendasar KTP, kartu keluarga, kartu sehat, kartu kematian, sampai urusan perbankan, Taspen, SIM, bisa terselesaikan. Sekali datang selesai. Yang mana yang harus bayar, harus transparan,” kata Tjahjo.

Peresmian Mal Pelayanan Publik di tengah pandemi adalah sebuah prestasi dan apresiasi tersendiri bagi wali kota dan jajaran Pemerintah Kota Salatiga.

"Pelayanan ke masyarakat diharapkan bisa lebih cepat. Namun untuk petugas ASN yang ada di dalamnya juga harus sehat patuhi prokes dan harus terus produktif,” tambahnya.

Wali Kota Salatiga Yuliyanto mengatakan, mal pelayanan publik ini merupakan komitmen bersama untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Salatiga secara baik dan maksimal.

“Kehadiran MPP Smart nantinya akan terintegrasi dan mendukung regulasi, sehingga bermanfaat positif bagi masyarakat Salatiga," jelasnya.

Yuliyanto juga memberikan apresiasi terhadap 21 instansi yang berasal dari Pemprov Jateng, instansi vertikal, BUMN/BUMD, serta Perbankan yang sudah bergabung dengan MPP Smart dan memberikan pelayanan.

“Ada 195 jenis layanan yang diberikan di sana. Semoga bermanfaat dan diterima di seluruh masyarakat Kota Salatiga,” jelas Yuliyanto.

https://regional.kompas.com/read/2021/03/19/155731178/resmikan-mal-pelayanan-publik-salatiga-menpan-rb-asn-tetap-produktif-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke