Salin Artikel

Tebing 11 Meter Longsor, Akses Jalan Sumedang-Garut Lumpuh

Akibatnya, akses jalan dua kabupaten di Blok Gorowong Dusun Cipeure Desa Buanamekar, Kecamatan Cibugel, Kabupaten Sumedang lumpuh total.

Hingga hari ini, Senin (21/12/2020),  sekitar 13.30 WIB, personel gabungan masih berupaya membersihkan material longsor yang menimbun jalan tersebut.

Kepala Kepolisian Sektor Cibugel AKP Idan Wahyudin mengatakan, tebing tersebut longsor akibat hujan deras yang terjadi sejak Minggu sore.

Beruntung, kata Idan, saat kejadian tidak ada pengguna jalan yang melintas, sehingga tidak menimbulkan korban jiwa.

"Akses jalan masih lumpuh, saat ini personel gabungan masih melakukan evakuasi material longsor yang menimbun jalan," ujar Idan kepada Kompas.com melalui pesan singkat, Senin (21/12/2020) siang.

Idan menuturkan, setelah longsor, polisi telah memasang rambu-rambu peringatan dan menutup jalur pada kedua arah.

"Jalur ditutup sementara supaya pengguna jalan tidak melewati area longsoran. Karena, dikhawatirkan terjadi longsor susulan," tutur Idan.

Sebab, di sepanjang jalur jalan penghubung Sumedang-Garut ini terdapat sejumlah titik rawan longsor.

Selain itu, Idan juga mengimbau kepada warga sekitar yang berada di atas pegunungan dengan kemiringan yang rawan longsor di sekitar lokasi untuk berhati-hati dan cepat mengamankan diri jika hujan deras dengan intensitas tinggi terjadi.

"Terutama, warga yang rumahnya berdiri di atas tanah dengan kultur labil. Segera mengungsi sementara jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi," kata Idan. 

https://regional.kompas.com/read/2020/12/21/14091471/tebing-11-meter-longsor-akses-jalan-sumedang-garut-lumpuh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke