Salin Artikel

Viral di Medsos, Ibu Mau Melahirkan Harus Ditandu karena Jalan Rusak di Lebak, Ini Respons Kades dan Camat

Gambar ibu hamil ditandu tersebut viral di media sosial. 

Sebuah akun di Facebook bernama Jajank Kurniawan menulis kejadian tersebut berada di Kampung Karang Balang, Desa Parakanbeusi, Kecamatan Bojongmanik, Kabupaten Lebak, Banten.

Dalam gambar terlihat ibu tersebut ditandu oleh beberapa orang dengan sarung dan sebilah bambu.

Kades: jalan rusak sepanjang 3 km, jembatan hanya bisa dilalui motor

Kepala Desa Parakanabeusi, Pulung, mengatakan, peristiwa tersebut terjadi pada Senin (23/11/2020). Pasien tersebut bernama Siti, hendak dibawa ke rumahnya setelah melahirkan di puskesmas.

Kampung Siti, kata Pulung, berada di Karangbalang, di sebuah perbukitan di batas antara kecamatan Bojongmanik dan Leuwidamar.

Menuju kampung tersebut, Pulung menjelaskan, jalan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, sehingga Siti harus ditandu.

"Kira-kira sekitar tiga kilometer lah, lewat sungai juga dengan jembatan gantung yang hanya bisa dilalui sepeda motor saja," kata Pulung dikonfirmasi Kompas.com melalui sambungan telepon, Selasa (24/11/2020).

Biasanya, kata Pulung, jika ada warga sakit atau hendak melahirkan dari kampung tersebut akan dibawa dengan sepeda motor terlebih dahulu, lalu jika sudah sampai jalan lebar, dipindahkan ke mobil ambulans desa ke puskesmas.

Menurut Pulung, saat ini Siti sudah melahirkan dengan selamat, dan sudah kembali ke rumahnya di Karangbalang.

Pulung berharap pemerintah kabupaten maupun provinsi bisa segera membangun jembatan lebar yang bisa dilalui kendaraan roda empat, sehingga jika ada warganya yang sakit langsung bisa dievakuasi menggunakan ambulans desa.

Ambulans desa

Sementara Camat Bojongmanik, Dadan Juanda mengatakan saat ini masih ada sejumlah ruas jalan di Bojongmanik yang kondisinya sulit.

Selain mengupayakan jalan diperbaiki, kata dia, pemerintah setempat juga bekerjasama dengan Pemerintah Pusat untuk mengadakan ambulans desa.

"Selain itu kita juga punya program namanya Kader Jamilah, kader percontohan untuk memantau ibu hamil sampai persalinan, mangkanya di Puskesmas Bojongmanik disediakan amdes untuk mendukung pelayananan meskipun dalam kondisi jarak dan kondisi jalan belum maksimal," kata Dadan.

https://regional.kompas.com/read/2020/11/24/17554951/viral-di-medsos-ibu-mau-melahirkan-harus-ditandu-karena-jalan-rusak-di-lebak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke