Salin Artikel

Limbah Kayu Jadi Wayang Seharga Jutaan Rupiah di Tangan Joko, Warga Belanda sampai Terpikat

Pria ini mampu menyulap limbah kayu menjadi kerajinan wayang yang bernilai ekonomis tinggi.

Bahkan kerajinan wayang buatan Joko sudah mendunia.

Joko menceritakan awal mulai menekuni usaha wayang kayu. Awal tahun 2018, Joko melihat banyak limbah kayu di sekitar lingkungannya.

Berbekal ilmu seni kriya yang dimiliki, Joko mulai tertarik mengubah limbah kayu menjadi barang yang dapat menghasilkan uang.

Tak berapa lama, Joko memiliki ide membuat wayang. Tak disangka wayang buatanya diminati warga.

“Waktu itu saya pertama kali membuat wayang menggunakan kayu bekas kotak buah. Setelah itu saya putuskan untuk mengembangkan usaha pembuatan wayang kayu dan berbagai suvenir dengan bahan limbah kayu,” ungkap Joko saat berbincang dengan Kompas.com, pekan lalu.

Selain membuat wayang, Joko dibantu anak dan istrinya juga mengembangkan kerajinan gantungan kunci, jam dinding, hingga hiasan rumah. Temanya pun tetap sama yakni wayang.

Joko dibantu istrinya memasarkan kerajinan yang mereka buat melalui pameran, serta media sosial Facebook dan Instagram dengan nama akun Omah Craft Kinarya.

Joko menjual satu wayang kayu dengan harga bervariasi. Besar kecilnya harga tergantung dari ukuran wayang.

Untuk wayang kayu seukuran gantungan kunci dibanderol dengan harga Rp 10.000. Sementara wayang kayu dengan ukuran besar bisa dijual hingga mencapai Rp 3 juta.

Hasil kerja keras Joko menuai hasil. Wayang kayu buatannya diminati banyak orang mulai dari warga lokal hingga luar negeri.

Dia mulai mengekspor wayang kayu itu ke Singapura, Brunei, Belanda, hingga Australia. Joko juga pernah memamerkan karya seninya di Jepang, Thailand, Taiwan hingga Cina.

Kualitas

Joko mengatakan, saat awal pandemi Covid-19, usahanya sempat sepi peminat.


Namun setelah masa adaptasi baru, kerajinan wayang mulai kembali bergeliat.

Bagoes Wibisono, salah satu pembeli kerajinan wayang kayu buatan Joko dari Jakarta menyatakan tertarik membeli karya Joko lantaran kualitasnya yang bagus.

“Saya tertarik karena karyanya buatan tangan dan kualitasnya bagus,” kata Bagoes.

Bagoes memesan banyak suvenir karya Joko. Rencananya suvenir wayang kayu itu akan dibagikan kepada koleganya ketika pulang ke Jakarta.

https://regional.kompas.com/read/2020/10/18/11354471/limbah-kayu-jadi-wayang-seharga-jutaan-rupiah-di-tangan-joko-warga-belanda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke