Salin Artikel

Sempat Landai, Kasus Covid-19 di Banyumas Meningkat, Kini Jadi Zona Oranye

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Setelah sempat melandai, kasus terkonfirmasi virus corona (Covid-19) di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kembali menunjukkan peningkatan.

Bupati Banyumas Achmad Husein menyebut saat ini Banyumas dalam status zona oranye atau berisiko sedang.

Husein mengungkapkan, pada bulan Agustus lalu muncul 80 kasus baru terkonfirmasi Covid-19. Sedangkan pada awal bulan September ini muncul 23 kasus baru.

"Diprediksi kalau seperti ini terus September ini bisa tambah 112 kasus baru. Ini yang kami khawatirkan, jadi protokol kesehatan harus tetap dipatuhi," kata Husein di Pendapa Sipanji Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa (8/9/2020).

Husein mengatakan, penambahan kasus tersebut terjadi karena beberapa faktor.

"Pertama kita agresif mencari (dengan swab massal). Kedua yang banyak itu yang mandiri, tahu-tahu datang (ke rumah sakit) suspek, jadi (penambahan terbanyak) bukan dari swab massal," jelas Husein.

Husein menambahkan, dalam empat hari terakhir, korban meninggal dunia juga bertambah dua orang.

"Yang meninggal total jadi delapan. Yang meninggal terakhir kemarin karena penyakit pemberat, yang satunya juga ada penyakit pemberat," ujar Husein.

Hingga saat ini total kasus terkonfirmasi mencapai 343 orang. Rinciannya, 268 orang sembuh, 67 orang dirawat dan delapan orang meninggal dunia.

https://regional.kompas.com/read/2020/09/08/11584041/sempat-landai-kasus-covid-19-di-banyumas-meningkat-kini-jadi-zona-oranye

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke