Salin Artikel

Penutupan Jalan Selama PSBB Bandung Diperluas ke Jalan Dewi Sartika dan Gatot Subroto

Saat ini, Pemkot Bandung bersama Polrestabes Bandung juga telah menutup Jalan Buahbatu dan Jalan Asia Afrika.  Jalan tersebut ditutup pada pagi hingga siang hari dan sore hingga malam hari.

Setelah Jalan Buahbatu dan Jalan Asia Afrika, rencananya ruas jalan yang akan ditutup adalah Jalan Dewi Sartika, Jalan Gatot Subroto, dan sebagian Jalan Asia-Afrika (Simpang Lima hingga Jalan Tamblong).

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Polrestabes Bandung dan Kepala Dinas Perhubungan untuk segera merealisasi rencana tersebut.

"Mudah-mudahan semakin mempersempit pergerakan masyarakat agar warga tetap diam di rumah," kata Yana dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (29/4/2020).

Hasil evaluasi PSBB

Sementara itu, Kepala Satuan lalu Lintas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan, rekayasa lalu lintas Jalan Buahbatu dan Jalan Asia Afrika merupakan hasil evaluasi selama pelaksaan penerapan PSBB di Kota Bandung.

Selama PSBB, kata Bayu, volume  kendaraan roda dua dan roda empat di Kota Bandung mulai berkurang sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Namun, dari pengamatan selama satu pekan pelaksanaan PSBB, masih banyak kendaraan memenuhi jalanan Kota Bandung yang datang dari daerah penyangga, salah satunya Kabupaten Bandung.

"Penutupan Jalan Buahbatu ini hasil evaluasi. Jalur selatan ini merupakan jalur yang lumayan ramai. Dari penutupan ini, kita akan lihat sejauh mana kendaraan dari jalur selatan masuk Kota Bandung. Apakah hanya sekedar melintas, atau memang ada tujuan ke titik di pusat Kota Bandung," kata Bayu.


Penutupan di jam-jam tertentu

Lebih lanjut Bayu menambahkan, rencana penutupan jalan di Kota Bandung tidak akan berlangsung selama 24 jam penuh.

Menurut dia, seperti halnya Jalan Buahbatu tetap bisa dilewati kendaraan pada jam-jam tertentu yakni pada siang hari menuju sore hari serta pada waktu dini hari hingga subuh.

Bayu mengatakan, selain Jalan Buahbatu, ruas jalan yang akan segera diberlakukan penutupan adalah Jalan Dewi Sartika karena ruas jalan ini berdekatan dengan jalan Asia Afrika (Alun-alun) yang sudah tutup lebih dulu.

https://regional.kompas.com/read/2020/04/29/21452581/penutupan-jalan-selama-psbb-bandung-diperluas-ke-jalan-dewi-sartika-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke