Salin Artikel

2 Posko Psikologi Didirikan untuk Dampingi Keluarga dan Korban Susur Sungai

Posko ini disiagakan untuk memberikan pendampingan kepada keluarga korban.

"Ya, kita sifatnya melakukan pendampingan kepada para survivor, para penyintas. Intinya kita mencoba membantu menyetabilkan emosinya," ujar Walid, koordinator relawan psikolog saat ditemui di SMP Negeri 1 Turi.

Walid menyampaikan, tim relawan psikolog sudah mulai berjaga sejak Jumat (21/02/2020) sore. Para psikolog dibagi dalam beberapa tim dan berjaga secara bergantian.

Para psikolog ini gabungan dari Dinas Kesehatan dan beberapa universtas di Yogyakarta. Termasuk para mahasiswa Magister Profesi.

"Personel ada sekitar 20-an orang," urainya.

Pihaknya belum bisa memastikan batas waktu operasional posko psikologi.

Namun pihaknya masih akan terus berkoordinasi untuk melihat kebutuhan pendampingan psikologi.

"Posko ada dua, di SMPN 1 Turi dan Puskesmas Turi," bebernya.

Dari pengamatan Kompas.com, Posko Psikolog di SMP Negeri 1 Turi berada di ruang kelas sebelah barat. Lokasinya dekat dengan gerbang masuk ke sekolah.

Di dalam ruangan tampak ada beberapa tempat tidur lapangan berwarna biru. Para relawan pun tampak stand by di luar dan dalam kelas.

Seperti diberitakan sebelumnya, ratusan siswa SMP Negeri 1 Turi mengikuti kegiatan pramuka susur sungai Sempor. Namun nahas, saat berada di dalam sungai, terjadi banjir bandang hingga menyebabkan beberapa siswa hanyut dan tenggelam.

https://regional.kompas.com/read/2020/02/22/13364521/2-posko-psikologi-didirikan-untuk-dampingi-keluarga-dan-korban-susur-sungai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke