Salin Artikel

Gubernur NTT: ASN Gajinya Sudah Jelas, Akhirnya Jadi Malas

Kritikan Viktor, disampaikannya saat kunjungan kerjanya di Lelogama, Kecamatan Amfoang Selatan, Kabupaten Kupang (15/2/2020) kemarin.

"Khususnya para Aparatur Sipil Negara (ASN). Tapi tidak di Kabupaten Kupang, ini ASN di tempat lain. ASN itu kalau kerja saking gajinya sudah jelas, akhirnya dia jadi malas," kritik Viktor dalam siaran pers yang diterima kompas.com dari Humas dan Protokoler Setda Provinsi NTT, Minggu (16/2/2020). 

"Jadi dia kerja asal-asalan. Datang, lihat, merokok, pulang, tiap bulan terima gaji. Karena itu tidak pernah membanggakan apapun, pekerjaan ASN dibandingkan pekerjaan swasta.”

Viktor pun membandingkan kualitas kerja dan layanan di Rumah Sakit Umum Daerah WZ Johannes Kupang dengan Rumah Sakit swasta Siloam.

“Itu yang dimaksud dengan mindset. Kebangkitan yang saya maksudkan, bangkit menuju sejahtera nomor satu adalah pikiranmu, otakmu itu diubah. Dan ilmu itu ada," tandas Viktor.


Birokrat enterpreneur

Birokrat enterpreuner lanjut Viktor, sudah diperkenalkan ratusan tahun lamanya, hanya kata Viktor, mungkin belum sampai di Kupang.

Artinya, menyangkut investasi pemerintah dalam pengetahuan investasi itu harus kita hitung pertumbuhannya berapa dan pengembaliannya berapa.

Karena itu, dalam setiap kesempatan kunjungan kerjanya, Viktor mengaku terus membangun semangat dan optimisme warga masyarakat agar bekerja benar dan sungguh-sungguh.

“Pasti ada yang tersinggung. Saya tidak repot karena saya sedang membangun generasi. Kau mau tersinggung itu kau punya urusan," katanya. 

"Tapi saya tidak suka provinsi ini melahirkan generasi yang ke depan mereka tidak dianggap. Saya ingin melahirkan generasi yang dapat dipertanggung jawabkan dan itu yang saya bilang manusia konsepsional."


Soal warga miskin dan stunting

"Orang akan mengenang sepanjang massa bahwa kita telah melahirkan mereka yang bisa berhadapan dengan siapa pun. Mereka mampu untuk mengisi pikiran-pikiran, bahkan memberikan pikiran-pikiran, gagasan-gagasan yang hebat-hebat."

"Karena itu, saya ingin agar serius merencanakan dan menempatkan orang-orang terbaik.”

Pada kesempatan itu, Viktor juga menyinggung soal kemiskinan dan angka stunting yang masih tinggi di Kabupaten Kupang.

“Saya sangat serius untuk urus warga miskin dan angka stunting di Kabupaten Kupang, TTS dan TTU. Karena itu, saya minta tolong selesai acara ini Bapeda Kabupaten buat perencanaan yang baik," kata Viktor.

"Saya tahu Kabupaten Kupang harus sama seperti di Kabupaten Timor Tengah Selatan dan Kabupaten Timor Tengah Utara," pinta Viktor.

https://regional.kompas.com/read/2020/02/16/10062661/gubernur-ntt-asn-gajinya-sudah-jelas-akhirnya-jadi-malas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke