Salin Artikel

Ridwan Kamil Lantik Imron Rosyadi Jadi Plt Bupati Cirebon

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik Wakil Bupati Cirebon Imron Rosyadi sebagai pelaksana tugas (Plt) Bupati Cirebon di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Jumat (17/5/2019).

Imron Rosyadi menggantikan Bupati Cirebon nonaktif Sunjaya Purwadi Sastra yang tengah tersandung kasus hukum soal dugaan proses jual beli jabatan.

Sunjaya hadir didampingi petugas kepolisian. Ia kini meringkuk di Rutan Kebonwaru Bandung.

"Ini sesuai prosedur, hak politiknya masih berlaku sebelum inkrah. Sesuai Permendagri, hak politiknya karena waktu sudah selesai pilkadanya. Dan sebuah prosedur yang dikonsultasikan KPK, maka tidak boleh ada kekosongan kekuasaan," ujar Emil, sapaan akrabnya.

Jika status hukum Sunjaya sudah inkrah, kata Emil, maka Imron akan kembali dilantik sebagai bupati definitif. Sebelumnya, posisi Bupati Cirebon juga sempat di isi oleh Dicky Saromi saat ia menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Jabar.

"Kalau inkrah plt harus dilantik lagi. Dulu Mendagri melakukan hal sama di berbagai daerah. Kita proporsional karena proses ini harus dilalui, ada ketidaknyamanan pasti," ungkapnya.

Emil pun berharap, masalah yang dihadapi Sunjaya menjadi cermin bagi semua pihak khususnya para kepala daerah di Jabar.

Ia pun akan memberi atensi khusus bagi Kabupaten Cirebon mengingat daerah itu ditunjuk sebagai wilayah pengembangan ekonomi baru di Jabar.

"Jangan lagi terulang peristiwa yang terjadi di sana, fokus ke masa depan. Diberi hadiah tadi sebagai kawasan termaju (Segitiga Rebana). Rencana tahun ini, ngabret lima juta tenaga kerja akan hadir, pertumbuhan ekonomi Jabar meningkat," tuturnya.

Sementara itu, Imron mengaku akan kembali merajut hubungan baik dengan para pejabat dan masyarakat.

Ia pun bakal mempersiapkan daerahnya sebagai wilayah perkembangan ekonomi baru di Jabar.

"Kita pun akan kerja sama dengan semuanya mari membangun Cirebon lebih maju lagi. Intinya konsep yang dipikirkan Kang Emil, Kabupaten Cirebon sebagai daerah yang maju. Kita harus punya konsep, saya yakin di Cirebon punya konsep kami sudah ngobrol nonformal dan alhamdulillah mempunya inoviasinya," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2019/05/17/12323631/ridwan-kamil-lantik-imron-rosyadi-jadi-plt-bupati-cirebon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke