Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaca Depan Pecah Hingga Lampu Mati, 18 Bus di Madiun Tak Laik Jalan

Kompas.com - 07/06/2017, 21:23 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com - Petugas dari Kementerian Perhubungan melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Terminal Purbaya Madiun. Dalam sidak tersebut, ditemukan banyak kaca depan bus pecah, sehingga bus dinyatakan tidak laik jalan untuk angkutan Lebaran 2017.

"Ada 18 bus yang transit di Terminal Purbaya Madiun dikenai tilang lantaran tidak laik jalan. Dari 18 bus yang ditilang paling banyak karena kaca depan pecah dan lampu sein serta lampu parkir mati," ujar Kasubdit Promosi dan Kemitraan Direktorat Bidang Keselamatan Kementerian Perhubungan, Ahmad Wahyudi, Rabu ( 7/6/2017).

 

 

Menurut Wahyudi, pemeriksaan bus dilakukan untuk mempersiapkan angkutan Lebaran 2017. Sebab, bus yang menjadi angkutan lebaran 2017 harus dipastikan laik jalan.

Ada lima komponen utama yang diperiksa yaitu kaca depan, speedometer, rem, fungsi kemudi, dan ban. 

(Baca juga: 13.440 Angkutan Darat Tidak Laik Jalan)

 

Wahyudi menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan bus di Terminal Purbaya Madiun sejak empat hari. Setiap hari, pihaknya memeriksa puluhan bus. Dari puluhan tersebut, terdapat 18 bus yang ditilang.

Adapun bus yang diperiksa di antaranya jurusan Surabaya, Solo, dan Yogyakarta yang transit di Terminal Purbaya Madiun. Untuk bus yang kena tilang, pengemudi diminta memperbaiki bus di lokasi pemeriksaan.

Selain kelaikan bus, seluruh sopir bus juga menjalani tes urin. 

Kompas TV Dinas Perhubungan Memeriksa Kondisi Bus Jelang Mudik
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com