Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ular Piton Sepanjang 5 Meter Masuk Rumah, Tetangga hingga Polisi Turun Tangan

Kompas.com - 10/04/2017, 12:04 WIB
Junaedi

Penulis

MAMUJU UTARA, KOMPAS.com - Seekor ular piton sepanjang 5 meter menyelinap masuk ke rumah warga di Kota Pasangkayu, Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat, Minggu (9/4/2017).

Ular masuk saat si Mirwan, pemilik rumah, beristirahat. Namun dia kemudian bangun untuk mengecek karena ada suara yang mencurigakan dari luar kamar.

Begitu menyadari bahwa ada ular piton di dalam rumahnya, Mirwan histeris dan lari pontang-panting keluar rumah.

"Kami kaget lihat warna baret panjang ternyata ular piton. Karena kami berlarian, tetangga turun tangan buru ularnya," tutur Mirwan.

Para tetangga yang menerima informasi itu langsung turun tangan memburu ular tersebut. Keramaian di rumah itu lalu menarik perhatian sejumlah petugas Polres Mamuju Utara yang sedang berpatroli. Para polisi itu pun lalu ikut membantu menangkap ular piton tersebut.

Briptu Verdi, salah satu anggota Polres Mamuju Utara, yang ikut memburu mengatakan, proses penangkapannya sempat menegangkan karena ular piton sempat melilit di perabotan sehingga sulit ditarik.

Ular piton baru bisa ditangkap setelah warga melukai badan ular dengan parang.

“Kami amankan dan obati lukanya terlebih dahulu sebelum ular piton ini kami kembalikan ke habitatnya,” ujar Verdy.

Sambil diobati, untuk mencegah hal yang membahayakan, mulut ular piton ini dilakban.

Maraknya ular piton berukuran besar yang berkeliaran hingga ke permukiman di berbagai lokasi di Sulawesi Barat, mulai dari Polewali, Majene, hingga Mamuju, meresahkan warga. Diduga, ular-ular piton tersebut kelaparan akibat habitat mereka terusik dengan maraknya pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit.

(Baca juga: 4 Cerita Warga Bertemu Langsung Ular Piton di Sulawesi Barat

Sebelumnya diberitakan, seorang petani sawit, Akbar Ramli, ditemukan tewas di dalam perut ular piton sepanjang 7 meter (sebelumnya disebutkan 4 meter) di kebun sawit miliknya di Desa Salubiru, Mamuju Tengah. Jasad Akbar ditemukan masih lengkap dengan pakaian dan sepatu boots miliknya.

(Baca selengkapnya: Petani yang Tewas Ditelan Ular Piton Masih Kenakan Sepatu "Boots")

 

Kompas TV Ular Piton Ini Telan Petani Sawit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com