Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beras Siger, Bahan Pangan Berbahan Dasar Singkong

Kompas.com - 10/10/2016, 14:36 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Badan Pusat Pengkajian Teknologi (BPPT) pangan menciptakan bahan makanan pokok terbuat dari singkong. Produk diversifikasi pangan yang diproduksi sejak Mei 2016 ini diberi nama beras siger.

Kabid Pemasaran BPPT Andi Marjono mengatakan, komposisi produk tersebut didominasi singkong segar. "Namun rasanya menyerupai dengan beras," kata Andi di Lampung,  Senin (10/10/2016).

Produk olahan tersebut bentuknya menyerupai beras. Selain bisa dikonsumsi sebagai pengganti nasi, juga bisa dibuat bubur ayam dan lontong sayur. Harga yang ditawarkan sama seperti beras padi yakni Rp 12.000 per kilogram.

Produk tersebut saat ini masih dalam proses sosialisasi ke masyarakat agar masyarakat mulai beralih dari makanan pokok beras.

"Beras siger sangat baik untuk dikonsumsi orang penderita diabetes dan obesitas," katanya lagi.

Inovasi yang mulai diterima di pasaran adalah produk beras sehat yang komposisinya dari singkong dan jagung.

"Ini produknya sudah masuk di pasaran Jakarta dan Lampung sendiri dengan total permintaan 100 kiogram per bulan," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com