Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan HUT RI di Perbatasan Timor Leste, Menteri Desa Ikut Lomba Tarik Tambang

Kompas.com - 17/08/2016, 15:26 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

ATAMBUA, KOMPAS.com - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo merayakan HUT ke-71 Kemerdekaan RI di perbatasan Indonesia-Timor Leste dengan ikut terlibat dalam lomba tarik tambang bersama warga setempat.

Seusai memimpin upacara di Laktutus, Desa Fohoeka, Kecamatan Nanet Duabesi, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berbatasan dengan Distrik Suai, Timor Leste, Menteri Eko lantas membuka jas yang dikenakannya dan langsung berbaur bersama warga mengikuti lomba tarik tambang di tengah lapangan.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Rabu (17/8/2016), selain Menteri Eko, terlihat juga Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemi Francis dan sejumlah pejabat dari Kementerian PDTT Provinsi NTT dan Kabupaten Malaka.

Baca juga: Usai Pimpin Upacara HUT RI di Daerah Perbatasan, Menteri Desa Gendong Anak Kecil

Saat tarik tambang berlangsung, Menteri Eko tergabung satu tim bersama Fary Francis dan para pejabat lainnya. Mereka saling berjibaku melawan warga setempat, sehingga membuat para penonton yang hadir berteriak saling memberikan dukungan.

Setelah saling adu kekuatan sekitar lima menit, akhirnya tim Menteri Eko dan Fary Franncis keluar sebagai pemenang.

Menteri Eko kepada sejumlah wartawan, Rabu, mengaku senang bisa ikut terlibat dalam lomba tarik tambang bersama warga. Ia pun berharap, dengan kegiatan seperti ini di perbatasan, warga pun bisa terhibur.

Ia juga menjelaskan, pelaksanaan upacara Kemerdekaan RI di daerah perbatasan adalah untuk mendorong semua pemangku kepentingan untuk terus membangun wilayah perbatasan.

“Tentunya sesuai dengan nawacita Presiden Joko Widodo bahwa pemerintah harus membangun Indonesia dari pinggiran, sehingga dengan menyelenggarakan upacara di wilayah perbatasan, menunjukkan kehadiran pemerintah untuk membangun daerah tertinggal,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com