Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Berkurang, Guru SMPN 2 Ambon Terancam Kehilangan Tunjangan Sertifikasi

Kompas.com - 14/07/2016, 18:29 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Guru-guru di SMP Negeri 2 Ambon terancam kehilangan tunjangan sertifikasi karena sekolah itu kekurangan siswa.

Kepala SMP Negeri 2 Ambon La Siteny mengatakan bahwa hal itu dapat berpengaruh terhadap rombongan belajar (rombel) dan memengaruhi jam belajar para guru di sekolah tersebut.

Jam mengajar guru merupakan salah satu syarat untuk bisa menerima tunjangan sertifikasi.

"Kalau siswa berkurang dan memengaruhi rombongan belajar, maka tentu akan berpengaruh terhadap tunjangan sertifikasi guru," kata dia kepada waratwan, Kamis (14/7/2016).

Di sekolah itu ada 100 guru, sedangkan jumlah siswa yang dimiliki sangat sedikit. Pada tahun sebelumnya, sekolah itu selalu mendapat kuota 400 siswa.

Pada tahun ajaran baru, jumlahnya berkurang menjadi 300 siswa karena siswa yang bisa mendaftar di sekolah itu hanya berasal dari 13 sekolah dasar.

Menurut La Siteni, berkurangnya siswa di sekolah itu karena adanya kebijakan dari pemerintah Kota Ambon melalui petunjuk teknis untuk melakukan penerimaan siswa baru.

"Jadi bayangkan saja, jumlah guru kita seratus, maka jika jam mengajar berkurang, tentu akan berdampak pada tunjangan sertifikasi para guru," ujarnya.

Ia meminta kepada pemerintah Kota Ambon agar dapat mengevaluasi kebijakan tersebut sehingga nasib para guru di sekolah itu tidak dirugikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com