Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Senyum Seorang Abdi Dalem Keraton Solo Saat Terima THR Rp 102.000

Kompas.com - 05/07/2016, 07:03 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Seusai menandatangani secarik kertas, Sumardi (73) menerima sebuah amplop coklat. Senyum pria paruh baya yang mengenakan blangkon di kepalanya ini langsung muncul saat dirinya menerima amplop tersebut.

Kakek tua ini merupakan abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta (Kraton Solo) yang mendapatkan tunjangan hari raya (THR) sebelum hari raya Idul Fitri.

"Lumayan mendapat Rp 102.000. Uangnya mau dipakai juga untuk persiapan Lebaran," ujar Sumardi sembari memperlihatkan isi uang dalam amplopnya, Senin (4/7/2016).

Meski jumlahnya tidak besar, tetapi pria yang berprofesi sebagai pengrawit (penabuh gamelan) itu bersyukur masih mendapatkan THR.

"Saya menjadi abdi dalem Keraton sudah 20 tahun sebagai pengrawit dan bekerja kalau ada acara. Tetapi, saya bersyukur anak saya bisa kuliah hingga sarjana," ungkapnya.

Selain menerima uang tunjangan hari raya, Sumardi mengatakan, dia mendapatkan paket sembako dari pihak Keraton.

Di sisi lain, Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Kanjeng Pangeran (KP) Winarno Kusumo mengatakan, 483 abdi dalem mendapatkan THR dan paket sembako.

"Total semua abdi dalem itu tidak hanya berasal dari Solo saja, ada pula yang dari Imogiri, Tegal, Purwodadi, dan masih banyak lagi," ujarnya.

Winarno menambahkan, para abdi dalem yang berasal dari luar kota ini mayoritas penjaga makam. Misalnya saja di Tegal, abdi dalem yang datang merupakan penjaga makam Kanjeng Sunan Amangkurat Agung, putra dari Sultan Agung.

"Kalau gaji per bulan biasanya kami keluarkan Rp 65 juta untuk total semua abdi dalem. Dana tersebut merupakan dana pribadi Keraton, bukan dari pemerintah," ungkapnya.

 

Berita ini telah tayang di Tribun Jateng, Senin (4/7/2016), dengan judul: Abdi Dalem Keraton Solo Ini Senang Dapat THR Rp 102 Ribu

 

Kompas TV Alhamdulillah, Idul Fitri 1437 H Ditetapkan Rabu 6 Juli 2016

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com