Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Lebaran, 315.000 Wisatawan Ditargetkan Datang ke Sleman

Kompas.com - 29/06/2016, 15:50 WIB
Wijaya Kusuma

Penulis

SLEMAN, KOMPAS.com - Pada libur Lebaran tahun ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman menargetkan kunjungan 315.000 wisatawan. Target ini dicanangkan setelah melihat angka kunjungan wisata selama tiga tahun terakhir.

"Musim liburan lebaran ini kami targetkan 315.000 wisatawan berkunjung ke destinasi wisata di Kabupaten Sleman," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi dalam keterangan pers, Rabu (29/6/2016)

Ayu lalu merinci data kunjungan wisatawan dalam tiga tahun terakhir. Pada tahun 2013, wisatawan yang berkunjung saat libur Lebaran mencapai 145.718 wisatawan dalam 9 hari, tahun 2014 sebanyak 239.971 wisatawan dalam kurun waktu 9 hari dan pada tahun 2015 sebanyak 201.484 dalam kurun waktu 6 hari.

"2016 ini kurun waktu 9 hari mulai tanggal 2 hingga 10 Juli 2016. Target kita lebih banyak dari tahun sebelumnya," tuturnya.

Destinasi wisata Sleman yang diunggulkan selama musim liburan Lebaran di Sleman adalah kawasan wisata Kaliurang yang meliputi Tlogo Putri, Taman Rekreasi Anak, Gardu Pandang Kaliurang, Museum Ullen Sentalu dan Museum Gunungapi Merapi (MGM), Museum Monjali, Museum Dirgantara Mandala, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, serta desa-desa wisata.

Destinasi baru yang ditawarkan adalah Sindu Kusuma Edupark, Jogja Bay Water Park dan Agrowisata Bhumi Merapi.

Di Agrowisata Bhumi Merapi ini, para wisatawan dapat menyaksikan taman satwa di antaranya kambing, kelinci, ular, reptil, kura-kura dan taman herbal.

"Destinasi baru lagi ada Taman Tebing Breksi. Destinasi wisata yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan yang berupa tebing alam dengan view lingkungan yang alami," ucapnya.

Untuk menghibur wisatawan selama libur Lebaran, berbagai pertunjukan kesenian tradisional akan digelar di Candi Prambanan dan Ratu Boko.

"Melihat banyaknya destinasi dan tren tahun-tahun lalu, kita berharap target tersebut dapat tercapai," pungkasnya.

 

Kompas Video Merapah Trans-Jawa, Kompas.com : Pejagan - Sragen
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com