Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Oleh-oleh" dari Jerman, Gubernur Jateng Segera Normalisasi Rawa Pening

Kompas.com - 26/04/2016, 22:40 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan normalisasi Rawa Pening akan dimulai tahun 2017 mendatang.

Kepastian itu lantaran Detail Enginering Design (DED) Rawa Pening dipastikan telah selesai tahun ini.

"Rawa Pening tahun ini sudah ada DED. Tahun depan dikerjakan. Masyarakat di sekitar Rawa Pening ini tidak ada tahu lho," kata Ganjar di Semarang, Selasa (26/4/2016).

Ganjar mengatakan, masyarakat sekitar Rawa Pening di Kabupaten Semarang tidak tahu lantaran minimnya sosialisasi. Ia pun memilih sosialisasi melalui jalur media massa ketimbang langsung kepada masyarakat.

"Saya sampaikan melalui media massa, kalau melalui masyarakat akan lama. Saya juga sudah sampaikan pada Menteri Basuki," tambah dia.

Normalisasi Rawa pPening secara menyeluruh menjadi penting lantaran sudah puluhan tahun tidak tertangani dengan baik. Sedimentasi rawa sudah sedemikian parah, ditambah dengan eceng gondok.

Ia pun mengapresiasi jika pada tanggal 1 Mei mendatang akan dilakukan bersih-bersih akbar Rawa Pening. Dengan demikian, Rawa Pening bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, termasuk untuk destinasi wisata.

"Saya lagi mikirkan bagaimana telaga itu bisa dikombinasikan agar jadi destinasi wisata. Saya ingin agar itu bisa bermanfaat bagi masyarakat," tambah dia.

Normalisasi ini sendiri merupakan salah satu "oleh-oleh" dari kunjungan Ganjar di Jerman akhir tahun 2015 lalu. Masalah yang ada, menyitir hasil penelitian, sudah sangat kompleks.

“Saat di Jerman, ada yang meneliti Rawa Pening selama 20 tahun. Mereka bilang, Rawa Pening dari dulu sampai sekarang masih seperti itu. Makanya, saya tindaklanjuti,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com