Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terapkan "E-Planning", Banyuwangi Masuk Video Inspiratif KPK

Kompas.com - 22/04/2016, 13:03 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI,KOMPAS.com - Kabupaten Banyuwangi terpilih bersama enam daerah lainnya masuk dalam kompilasi video inspiratif KPK yaitu program KPK yang mendokumentasikan daerah yang memiliki prestasi dalam pencegahan korupsi.

"Sudah beberapa hari tim dari KPK mengambil gambar di Banyuwangi. Alasan mengapa dipilih, salah satunya adalah kiprah Banyuwangi dalam penerapan e Government termasuk juga e-Planning," jelas Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada Kompas.com Jumat (22/4/2016).

Selain itu penerapan e-Planning dalam penyusunan APBD dinilai dapat menimalisir penyimpangan dalam penyusunan APBD.

Menurut Anas, e-Planning merupakan inovasi pemerintah kabupaten Banyuwangi dalam menyusun APBD sehingga tidak ada lagi transaksi ketika pengesahannya karena telah disusun berdasarkan hasil Musrenbang dari desa sampai kecamatan dengan menggunakan instrumen TI.

Selain itu dengan adanya e-Planning anggota DPRD juga langsung turun ke masyarakat saat Musrenbangdes untuk mengawal program yang telah di sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat daerah pemilihannya.

"Dalam video tersebut rencananya juga akan dijelaskan penerapan smart kampung yaitu pelayanan publik desa menggunakan tekhnologi informasi," ujar dia.

Rencananya video tersebut nantinya akan diperbanyak dan di bagikan kepada kepala daerah untuk memberikan inspirasi untuk bersama sama melakukan tindak korupsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com