Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Derita "Low Vision", Ervan Susah Payah Baca Soal Ujian Nasional Berbasis Komputer

Kompas.com - 04/04/2016, 14:10 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Dua anak berkebutuhan khusus  mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMA Negeri 1 Kota Sukabumi, Jawa Barat yang digelar mulai Senin (4/4/2016) hingga Selasa (12/4/2016).

Keduanya yakni Banyu Nugraha penyandang tuna netra pelajar kelas 12 IPS dan Ervan Dwi Lesmana penyandang penglihatan terbatas (low vision) pelajar kelas 12 IPA.

"Ada dua anak yang berkebutuhan khusus mengikuti UNBK ini. Alhamdulillah keduanya bisa mengikutinya dan memang keduanya juga sudah pandai dalam mengoperasikan komputer," kata Kepala SMAN 1 Kota Sukabumi, Rahmat Mulyana kepada Kompas.com, Senin (4/4/2016).

Dia mengatakan, Banyu mengikuti UNBK di ruang khusus, sesuai dengan peraturan untuk soal-soal dibantu seorang pembaca.

"Banyu ini sebenarnya mumpuni dalam mengoperasikan komputer. Karena yang membuat UNBK ini pusat, kami tidak mau mengambil risiko, dan mengikuti aturannya," ujar dia.

Sedangkan Ervan yang menderita penglihatannya rendah mengikuti UNBK  bersama dengan para pelajar lain.

"Membaca soalnya di layar komputer harus dari dekat, ya sekitar lima centimeter," sebut Ervan kepada Kompas.com selesai mengikuti UNBK hari pertama dengan bidang studi Bahasa Indonesia.

Dia mengaku, karena gangguan pandangnya tersebut, dirinya sedikit mengalami gangguan dalam mengerjakan soal.

"Ada pusing dan lelah juga karena harus dekat membacanya," ucap Ervan yang bercita-cita menjadi psikolog.

Ervan mengakui indera penglihatannya yang masih dapat dipakai hanya satu yakni sebelah kiri. Sedangkan mata yang sebelah kanan telah menjalani operasi pengambilan sebulan lalu di rumah sakit.

"Yang kanan sudah dioperasi, karena menderita glukoma dan memang harus diangkat. Sedangkan yang kiri sudah menjalani dua kali operasi," ujar Ervan yang mata kanan masih diperban.

Di SMAN 1 ini pada UNBK 2016 ini diikuti sebanyak 588 pelajar. Sedangkan di Kota Sukabumi Ujian Nasional (UN) 2016 diikuti sebanyak 6.715 siswa. Semnetara UNBK sudah dilaksanakan oleh 12 sekolah, di antaranya SMAN 1, SMAN 3, SMA Hayatan Thayyibah, SMA Kristen BPK Penabur,

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com