Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima "Ideal Mother Award", Risma Kalahkan Tujuh Perempuan Timur Tengah

Kompas.com - 24/03/2016, 19:29 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Awal pekan lalu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menerima Ideal Mother Award dari Universitas Kairo, Mesir. Dia menyisihkan tujuh nominator perempuan dari tujuh negara di Timur Tengah.

Risma menerima penghargaan itu mewakili negara dari kawasan Timur Tengah. Tujuh nominator lainnya berasal dari Bahrain, Kuwait, Oman, dan Nigeria.

"Ada delapan nominasi yang diundang, tapi hanya saya yang presentasi," kata Risma, Kamis (24/3/2016).

Penghargaan dari Universitas Kairo bekerja sama dengan Rashid Al Maktoum Foundation itu rutin diberikan kepada figur perempuan yang dinilai berpengaruh bagi masyarakat di sekitarnya.

"Tahun ini kebetulan saya yang ditawari oleh KBRI Mesir dan saya bersedia," ujarnya.

KBRI Mesir menawari Risma setelah menerima surat dari Islamic Educational, Scientific and Cultural Organization (ISESCO). ISESCO merupakan lembaga ilmu pengetahuan dan kebudayaan di bawah naungan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Muhammad Fikser mengatakan, Risma dipilih karena sudah melalui berbagai macam pertimbangan.

"Ibu Risma, menurut KBRI Kairo, dinilai figur yang memenuhi semua standar dan persyaratan yang ditetapkan panitia," ujarnya.

Di samping itu, negara juga ingin menunjukkan kepada publik Mesir bahwa di Indonesia, ada perempuan yang mempunyai kapabilitas, kapasitas sebagai seorang pemimpin, pendidik, motivator sekaligus inspirator bagi seluruh masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com